446967678721354
Loading...

Radio Local ( FM ) Vs Internet Radio

Radio Lokal FM  di  Indonesia telah berjuang selama bertahun-tahun, Tak sedikitnya melakukan ter...



Radio Lokal FM  di  Indonesia telah berjuang selama bertahun-tahun, Tak sedikitnya melakukan terobosan dan inovasi melalui program program Radio yang menarik. Kehadiran ponsel/smartphone yang support tune in FM juga menjadi harapan baik untuk Radio Radio berbasis frequensi  yang memungkinkan para pemilik ponsel juga mendengrkan Radio.Begitu juga mendengarkan Radio dari Mobil atau kenderaan transportasi lainnya.Hanya saja apa pernah kita berpikir dengan kehadiran Internet Radio, di mana semakin banyak orang yang beralih ke layanan online seperti stasiun radio internet,  musik online, shoutcast.com, icecast.com, , dan Last.fm untuk mendengarkan musik sesuai kebutuhan mereka.


Radio lokal sangat tergantung pada sponsor lokal  untuk menjadi Advertiser di stasiun mereka agar Radio itu bisa bertahan hidup. Sebuah iklan dengan durasi 20 - 30 bahkan 60 detik sangat berpengaruh pada kehidupan Radio itu.
Stasiun radio lokal juga  harus menghadapai pengeluaran  jumlah yang luar biasa termasuk kebutuhan  kantor, menara pemancar atau  biaya Announcer, staf, dan biaya promosi yang secara signifikan .

Internet Radio berbasis layanan musik menawarkan musik lebih banyak dengan sedikit  gangguan iklan komersial. Apa yang Kamu dengar didasarkan pada preferensi kamu sendiri. Kamu tidak harus bergantung pada selusin atau lebih stasiun radio lokal untuk memberikan musik yang kamu nikmati. Sayangnya seperti yang kita tahu, bahwa Internet Radio tidak bisa di dengarkan oleh orang orang yang tidak memiliki jaringan internet yang memadai atau pemilik ponsel yang tidak support dengan streaming data.Hanya saja 1 hal menjadi kelebihan besar Internet Radio adalah kita bisa mendengarkan radio itu di mana saja selama kita memiliki koneksi Internet. Bahkan jika kamu sedang berada di Kutub Utara sekalipun kamu tetap bisa mendengarkan Radio streaming di mana saja.

Sebenarnya kebutuhan Radio lokal sangat di perlukan. Announcer hampir setiap saat dengan pendengar  .Dia bertugas  menginformasikan dan menghibur kamu. Jika sesuatu yang penting harus di informasikan , seorang Announcer lokal beralih dari modus hiburan untuk pembaca berita, memberikan informasi yang kamu butuhkan. Misalnya  apa yang sebenarnya terjadi dengan badai yang buruk, gempa bumi, atau bencana lainnya.Radio lokal sebenarnya dapat menjadi sumber informasi terbaik.


Di Indonesia sendiri perkembangan Internet Radio cukup besar. Hampir tiap hari lahir Radio - Radio Internet . Menurut hasil penulusuran saya bahwa sampai saat ini beberapa Radio Internet ( 100% Radio Internet ) memiliki Jumlah pendengar lebih banyak dari Radio Radio FM.
Walaupun radio radio itu hanya sering memutar lagu lagu saja. Beberapa keunikan tersendiri dari Radio online adalah hadirnya Radio online yang khusus memutar lagu lagu tahun 80-90an .Ada juga Radio yang fokus ke 1 genre. Misalnya Genre Reggae,Jazz,Blues bahkan Dubstep. ada juga Radio internet yang tidak mau mengkuti chart atau lagu yang ngetop di Radio Radio Local.
Jadi,apa pendapat kamu tentang Radio Local Vs Internet Radio ?

Konsultasi Youtube Gratis bersama Evan Vibration. Klik disini

Topik Artikel: ,

About the Author - Evan

Pemilik blog evavibration.blogspot.com, Analytics Product/Technical, Development Content Manager/Strategic Manager.
Opini 8014436590584512650

Poskan Komentar Komentar

  1. Sy jelas mendengarkan Radio Internet. Saya tinggal di jkt, radio2 jkt cukup banyak n banyak jg yg menyebalkan. musiknya itu itu saja.

    BalasHapus
  2. kita juga punya nih jurnal mengenai Radio silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1114/1/11107740.pdf

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item