446967678721354
Loading...

Kaget, Itulah Yang Saya Alami Saat menelusuri AdRev network

Sudah lama saya ingin mengupas tuntas mengenai fenomena claims yang sering dilakukan Adrev. Beberapa penggiat YouTube diluar  sana terkadang mengirim saya pesan di Facebook, email menanyakan soal claims content yang dilakukan Adrev.

Awalnya saya kurang tertarik untuk menelusuri rekam jejak Adrev, tapi beberapa waktu lalu saya mulai mencari tahu banyak soal Adrev. Kejadian ini bermula saat konten yang saya kelolah di claims Adrev. Padahal itu konten Asli Saya loh, bermodal akun Content ID, saya mulai menelusuri apa alasan Adrev meng-claim konten saya.

Sekedar tambahan, Content ID, bukan hanya berfungsi untuk mengontrol atau me-manager konten, tapi juga bisa digunakan sebagai alat untuk informasi konten yang ada disitus YouTube.

Balik lagi di masalah dimana konten Saya di claim Adrev, Kalau saya tidak salah, kejadian ini sekitar 6 bulanan lalu. Ketika sedang mengecek email, saya mendapatkan notifikasi Copyright dari youtube.


Ekpresi pertama saya menerima claims ini biasa saja, karna dengan alasan konten yang di claim Adrev adalah milik saya 100%. Saya akhirnya membuka panel Content ID, dan melawan Adrev dengan mencatumkan ekskulsif 100% konten adalah milik saya. Tidak beberapa lama Claims itu dilepas oleh Adrev (Rilis Claims). e

Ketika kedua pemilik Content ID menjadi konflik karena kesamaan Asset, maka ketika Adrev melepas claim, saya teringat bahwa, ketika 1 konten di claim oleh 2 pihak, maka jika salah satu pihak menang, maka metadata yang kalah(adrev) masih tetap akan ada walapun statusnya non-aktif.

Saya pun mulai memeriksa metadata milik Adrev yang nonaktif ini, dan inilah hasilnya


Ok, Mari saya jelaskan satu persatu maksud dari metadata diatas, untuk bagian yang tutupi saya anggap itu tidak ada yang aneh.
  • UPC: disini pengisian UPC aja sudah salah, Adrev malah mengisi UPC dengan nama ContetID. Sekedar penjelasan UPC adalah. Universal product code (UPC) adalah simbologi barcode (yaitu satu jenis barcode),yang banyak digunakan di Kanada dan Amerika Serikat untuk melacak barang dagangan di toko.(Penjelasan UPC dari berbagai sumber).
  • Album: diisi dengan data Album dari lagu tersebut, sejak kapan nama album jadi Content ID?
  • Records label: dalam pengisian metadata audio, sudah selayaknya harus diisi nama label, terkecuali memang konten tidak bernaung di bawah label.
  • Grid: atau kepanjangannya Global Release Identifier, untuk penjelasan soal Grid, silakan baca wikipedia. Ini juga tidak diisi oleh Adrev
  • Provider: penyedia layanan atau pemilik metadata ini.
Apakah Anda sudah bisa menyimpukan keanehan dari Adrev?. Sudah selayaknya sebuah metadata youtube content ID harus di isi dengan lengkap, tapi lagi-lagi mereka tidak mencantumkannya.

Walaupun masalah saya sudah selesai dengan Adrev, saya tetap penasaran dengan network satu ini. Belum lagi beberapa label atau musisi merasa lagunya di klaim Adrev padahal mereka tidak pernah mendaftarkan lagu tersebut di network ini. Dengan modal itulah saya berinisiatif langsung menghubungi Google Indonesia, kebetulan kalau tidak salah sekitar sebulan lalu saya meeting di kantor Google Indonesia. Dalam sela-sela meeting tersebut saya menyela trend claims yang sering dilakukan Adrev. Salah seorang dari pegawai Google menanggapi "Adrev itu apa ya mas?" Saya coba jelaskan ke pegawai tersebut. Tak lupa juga saya tambahkan beberapa keluhan dari pemilik konten yang di claim oleh Adrev. Kebetulan di meeting itu hadir juga salah satu Strategy Partners Youtube Asia yang langsung menanggapi serius soal Adrev.



 Kesimpulan & solusi: Pada dasarnya saya tidak mengatakan Adrev itu melakukan klaim palsu atau tidak. Dengan membaca tulisan ini saya pikir akan memiliki pendapat tersendiri mengenai Adrev.
Jika Anda sedang mermasalah dengan claims Adrev, jangan sungkan untuk men-dispute mereka. Jika dispute Anda tidak di tanggapi, maka jalan satu-satunya adalah menghubungi Youtube dan sudah pasti prosesnya ribet bin lama. Jika Anda punya keluhaan soal Adrev, mari berbagi di kotak komentar, tulisan dan komentar Anda nanti mungkin saya akan bawa untuk di diskusikan bersama pihak terkait di Google Indonesia.





Konsultasi Youtube Gratis bersama Evan Vibration. Klik disini

About the Author - Evan

Pemilik blog evavibration.blogspot.com, Analytics Product/Technical, Development Content Manager/Strategic Manager.
Youtube Hak Cipta/Copyright 3862200652042502780

Poskan Komentar Komentar

  1. Saya juga beberapa kali kena klaim adrev mas, sungguh menjengkelkan.

    BalasHapus
  2. Adrev emang sialan, sering main klaim....
    udah jelas lisensi lagunya royaltyfree masih aja main klaim :(

    BalasHapus
  3. Mas say orang baru ni dalam dunia bloging dan sekarang saya ingin mencoba juga jadi youtuber, kalau misalkan kita belum dapat content ID (karena masih bingung) lalu saya "bamper" aja dengan memasang logo nama channel saya di visonya, apakah itu cukup bisa membantu?
    terimakasih

    BalasHapus
  4. Mas say orang baru ni dalam dunia bloging dan sekarang saya ingin mencoba juga jadi youtuber, kalau misalkan kita belum dapat content ID (karena masih bingung) lalu saya "bamper" aja dengan memasang logo nama channel saya di visonya, apakah itu cukup bisa membantu?
    terimakasih

    BalasHapus
  5. Blh mbta cp pihak google and youtube di indinesia. Krn saya mngalami hal yg sama

    BalasHapus
  6. lw saya punya teman mas evan,video bikin sendiri tapi pake sound dari - Two Steps From Hell - Freedom Fighters - tapi yg mengklain malah AdRev for a 3rd Party- padahal itu soundnya milik Two Steps From Hell yg sudah terveripikasi akun youtubnya,sya bingung jga tuh mas..

    BalasHapus
  7. Adrev emang koplak, saya sering banget terkena kleim oleh mereka. ntar kalau kena lagi mau coba kleim balik ah. terimakasih ya mas Evan atas info yg bermanfaatnya ini. coba sekalian mas cara gabung adrevnya pas joss hehehehehehe

    BalasHapus
  8. saya jg kena klaim dari
    Compass CS
    adrev jg One or more music publishing rights collecting societies

    BalasHapus
  9. maaf mas evan..tolong jawab.
    saya juga kena claim AdRev Publishing, apakah itu juga adrev yang mas maksud di artikel ini, jika iya apa yang harus saya lakukan mas.sayang vidio saya yang diclaim viewnya udah lumayan banyak.jadi saya berat mau nglepasnya.
    mohon bantuanya mas

    BalasHapus
  10. mas gimana caranya mengajukan content id untuk perorangan yang tidak punya website ke youtube ? mohon dijawab ya mas, terima kasih

    BalasHapus
  11. bos kalau sudah unlink adrev tapi belum dikonfirmasi, biasanya nunggu berapa lama??
    #newbie :D

    BalasHapus
  12. bagaimana cara keluar dari adrev mas ?? tolong kasih solusinya, karena konten yg saya upload di youtube selalu di claim oleh adrev

    BalasHapus
  13. Bagaimana cara ngatasi masalah AdRev Publishing ini gan..saya baru pertama kali upload video di youtube..dari 4 video yang saya upload di klaim sma Adrev..padahal video tersebut Asli milik sendiri yang dibuat saat resepsi pernikahan dan video tersebut sudah diberi label video shoting saya. mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  14. video saya juga baru di claim adrev, padahal itu video free dari fb dan baru di uplod live ... klaim balik aja ah..

    BalasHapus
  15. vidio saya jg di claim sama adrev..
    sudah 27 ribu lebih yg liat vidio saya.. gimana mas, kalau di claim balik akan ke hapus ga vidio saya.. mohon bantuan nya mas.. terimakasih sebelum nta.

    BalasHapus
  16. vidio saya jg di claim sama adrev..
    sudah 27 ribu lebih yg liat vidio saya.. gimana mas, kalau di claim balik akan ke hapus ga vidio saya.. mohon bantuan nya mas.. terimakasih sebelum nta.

    BalasHapus
  17. semua mengajukan keluhan, mana solusinya???????

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item