446967678721354
Loading...

Mengenai Matched third party content / Klaim Pihak Ketiga di Youtube


Sudah lama saya tidak menulis sesuatu soal youtube. Hari ini waktu agak sedikit santai, jadi saya manfaatkan menulis sesuatu tentang youtube. Tulisan kali ini membahas soal "Mengenai Matched third party content / Klaim Pihak Ketiga di Youtube" .

Banyak pertanyaan selalu muncul dibenak kita. Apakah klaim pihak ketiga seperti itu berbahaya ? atau mungkin tidak berbahaya sama sekali ?
pertanyaan semacam ini sering saya jumpai di forum - forum yang berhubungan dengan youtube. beberapa grup youtube di Facebook membahas juga soal ini.

Kadang saya sedikit geli kalau melihat tulisan - tulisan atau pernyataan orang - orang bahwa "Matched third party content / Klaim Pihak Ketiga"  bisa membahayakan akun youtube kita.

Saya pernah menanyakan langsung ke si pemberi pernyataan tersebut,  " saya sudah berpengalaman dengan hal itu.Bahkan akun saya terdisable monetize gara-gara klaim pihak ketiga" begitu tuturnya.

 Saya pun semakin penasaran walaupun di dalam hati saya tersenyum polos.Saya menjawab singkat "oh gitu" , lalu saya tanyakan kembali "video jenis yang terkena klaim pihak ketiga dan membuat monetize kamu terdisable". Dengan lugas Ia menjawab " video musik,tv dan musik - musik daerah"
Sayapun hanya berguman kecil lalu menyudahi obrolan itu.

Pertanyaannya adalah apakah orang yang saya tanyakan itu sudah mengerti aturan hak cipta di youtube ? atau sang pemberi pernyataan tersebut benar - benar sudah mengalami hal buruk yang berhubungan dengan Matched third party content / Klaim Pihak Ketiga.


Untuk menjawab kegusaran dan keraguan dan pertanyaan dan pernyataan di atas,ijinkan saya membahas penjelasan klaim pihak ketiga di youtube dari kacamata pengguna premium account Youtube.

secara pribadi saya berani mengatakan. Matched third party content / Klaim Pihak Ketiga sama sekali tidak menggangu atau membuat akun Youtube anda bermasalah .
Disaat anda mengupload video dalam tanda kutip bukan konten anda ( TV,Video Music read ).
lalu muncul pemberitahuan Matched third party content / Klaim Pihak Ketiga, Nah dalam tahap ini Anda tidak perlu takut,khawatir bahkan bunuh diri hehe. Klaim pihak ketiga adalah aturan yang di tetapkan oleh pemilik konten ( pemilik konten asli yang Anda upload ) .

Untuk Matched third party content / Klaim Pihak Ketiga di bagi dalam 3 kebijakan:
  • Block in all Countries = video di blokir di semua negara
  • Monetize in all Countries = menguangkan video
  • Track in all Countries = melacak aktifitas video/ konten

Block in all Countries 
Setingan yang di lakukan oleh pemilik konten agar videonya tidak di upload oleh pengguna lain. Biasnya ini setingan klaim yang dimana pemilik konten hanya ingin kontennya ada di dalam channelnya . ketika Anda mengupload konten yang di seting "Block in all Countries  " maka otomatis akan muncul pemberitahuan bahwa video itu tidak di ijinkan tayang di seluruh dunia.Maka tugas Anda adalah hapus video tersebut lalu cek status account Anda. Maka semua akan kembali normal.

Monetize in all Countries 
Setingan klaim yang menginjinkan konten tersebut di upload oleh  pengguna lain di youtube tapi dengan catatan sang pemilik bisa menguangkan kontennya.


Track in all Countries
Kebijakan untuk melacak konten agar bisa dilihat perkembangan kontennya di youtube seperti apa.


Dari 3 kebijakan diatas saya rasa Anda sudah bisa menarik kesimpulan.
satu pertanyaan lagi sempat masuk ke inbox saya yang isinya seperti ini " Halo mas, saya upload video,setelah itu saya kena klaim pihak ketiga, tapi beberapa menit kemudian saya mendapatkan strike dalam akun youtube .
Saya kembali menanyakan kepadanya " video apa emang yang di upload mas ,video dari TV ya ?". Orang inipun menjawab " iya dari Tv mas, nggak ada notif apa - apa eh malah langsung kena strike. padahal audio/videonya sudah saya edit"

Ini pertanyaan yang bagus.
Hal semacam ini terjadi akibat beberapa hal. Di bawah ini beberapa hal  dari sudut pandang pribadi kenapa Anda bisa di strike padahal status video sebelumnya  sudah menjadi "Matched third party content"

1. Mengedit/menggunakan  konten dengan tidak wajar
Untuk menjaga agar tidak terdeteksi klaim pihak ketiga biasanya para uploader unik ( saya bilang unik ya, bukan nakal )  mengedit  audio dengan cara menaik turunkan vokal dan iringan musik.  Ini adalah kesalahan. Para pemiliki konten yang telah memilih klaim pihak ketiga akan terusik dengan tindakan tersebut. kenapa bisa terusik ? karena karya mereka telah di modifikasi dengan tidak wajar. Maka tidak lama pemilik konten mengubah kebijakan di video anda menjadi "Takedown"

2. Mendispute / mensengketakan konten
Ini masuk hal kedua sering banyaknya strike di youtube. Para uploader unik ini merasa memiliki hak konten tersebut karena mereka sudah  mengedit,memberi sedikit sentuhan efek, memberi watermark"
halo... ini adalah tindakan salah . walaupun kamu telah mengedit konten itu ,bukan berarti konten itu adalah milikmu. Maka dengan itu para pemilik konten asli menstrike kamu.


Itulah faktor utama kenapa sering terjadi strike padahal status sebelumnya Matched third party content / Klaim Pihak Ketiga di Youtube. Semua hal yang Saya tulis diatas berdasarkan fakta sebagai pengguna premium account. 2 hal diatas juga menjadi alasan terkuat saya ketika ingin menstrike.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan semoga tulisan ini tidak di salah gunakan oleh penjual ebook youtube yang modal copy paste.
Salam Youtube Indonesia



Konsultasi Youtube Gratis bersama Evan Vibration. Klik disini

About the Author - Evan

Pemilik blog evavibration.blogspot.com, Analytics Product/Technical, Development Content Manager/Strategic Manager.
Youtube Hak Cipta/Copyright 979614989997358558

Poskan Komentar Komentar

  1. mas saya mau tanya, ini kan saya upload vidio ulang tahun temen saya yang backsound nya pake lagunya bruno mars "count on me" vidionya gpp tapi kenapa tidak bisa di monetyze?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Anonim
      saya coba jawab y mas..
      mungkin back sound bruno mars nya yg menyebabkan tdk bisa di monetize, apalagi bruno mars termasuk terkenal lagu2, copyright issue.
      trims
      footprint backlink

      Hapus
    2. sudah di jawab sama Tri Sukmawati.
      sebagai tambahan dr saya:

      Tidak peduli itu video mas atau bukan, selama video/konten itu mengandung sebagian isi/materi atau lagu yang terdaftar di Id content youtube, maka sudah di pastikan tidak bisa di "monetization".

      Saran: Gunakan musik Free Royalty. Youtube udah nyedian musik2 tersebut di dalam dasboards youtube. silakan buka link ini :) https://www.youtube.com/audiolibrary/music

      Hapus
    3. berarti kalo kita pake lagu di audiolibrary itu, bisa di monetize?

      Hapus
  2. Mas biar video bisa d monetize n biar gk d blok/ matched itu gmn? Pdhal video n videonya udh d edit?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mas, saya udah tulis di poin pertama. saya pikir mengedit isi video memang ide brilian. tapi justru mengundang para pemilik konten ( Content ID user) untuk mem-block, strike mas sendiri.

      Saran terbaik: bikin video original sendiri

      Hapus
    2. saya barusan batalin akun saya di google adsense karena takut akun youtube saya di blok, karena di sana banyak video saya yang download dari orang lain, dan di peringati oleh youtube

      padahal saya baru aja di terima oleh google adsense

      Hapus
  3. kalau mau monetize umurnya harus 18 tahun ya minimal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aturannya memang seperti itu :)

      Hapus
  4. saya mengunakan MCN youtobe mas makasih.

    BalasHapus
  5. maaf mas di akun youtobe saya kanap lambang $ tidak muncul yang berkaitan dengan $ tidak ada dan padahal detail dari $ kan seharusnya ada nampil.
    tapi sebelumnya ada tapi sebelumnya ada video saya yang kena hak cipta dan akan berakhir 30 hari mendatang tapi video bisa di monitasi itu gmn ya mas kira2 apa saya masih bisa daptkan $ dari akun youtobe saya ..

    makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas, silakan kunjungi Fix Monetization disini https://support.google.com/youtube/troubleshooter/2990415?hl=en. M

      Hapus
  6. Hi kak Evan
    Numpang Tanya yah
    Tau gak caranya/solusinya agar bisa upload video berdurasi lebih dari 15 menit setelah terkena strikes.... saat itu masih bisa upload berdurasi Panjang setelah terkena strikes tapi sekarang setelah Satu bulanan dari tanggal terkena strikes ko gak bisa upload video berdurasi Panjang lagi ya...
    Mungkin Kak Evan tau solusinya

    Oya 1 lagi
    Hasil estimated knp tiba2 berkurang sendiri ya kak
    Yang tadinya $ 202 ko tiap Hari jadi berkurang skrg tgal 185 kak
    Apa karna pengaruh dg MCN ya kak
    Tolong blz ya kak
    maaf banyak Tanya :)
    Terimakasih

    BalasHapus
  7. kalau video youtube gak bisa diliat di smartphone, itu knp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin smarphone ente bermasalah gan ...........

      Hapus
  8. bang , saya mau tanya ni bang , tombol monotize saya hilang , hilang nya saat saya nambah 1 saluran lagi di you tube saya , cara munculin nya gimana ya bang ??

    BalasHapus
  9. Maaf mas mau Tanya, bila channel kena strike 1 ,apakah GA nya masih berjalan earning nya atau stop ?terimakasih ya

    BalasHapus
  10. salam bang..
    saya sering menjumpai video musik di youtube tp klipnya hanya foto atau bahkan lirik. tp kok sepertinya bs lolos dari klaim ya.. padahal kan itu fulltime.. sedangkan video saya ada sedikit backsound lagu beberapa detik aja kena klaim.. mohon pencerahannya donk bang.. ? sebelumnya trima kasih bang.. postingannya sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  11. maaf saya tak lelah bertanya semoga sampean juga tak lelah menjawab,hehehe...
    : Saya sudah mengupload rekaman ponakan saya, waktu itu dia menari dengan backsound dari ringtone hp nokia jadul, saya upload karena saya pikir lucu, dan bakalan banyak orang suka,
    pertanyaan kali ini adalah : Apakah dengan begitu saya juga sudah melanggar mengingat backsoundnya memakai ringtone Nokia, sebuah perusahaan besar yang pasti sangat sensitif dengan hal2 seperti ini (hak cipta) kalo sempet waktu boleh dilihat disini https://www.youtube.com/watch?v=Mxe7GOUVWy4
    terimakasih

    BalasHapus
  12. Doakan Saya Mas semoga saya bisa Po tiap bulan , Untuk menyambung biaya Kuliah .

    BalasHapus
  13. saya mainyoutube musik tapi jenis musik creative commons dan target saya org bule dan hasilnya joss

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, gimana caranya biar ga kena matched third party content mas, ? apa dapet ijin dari label?

      Hapus
  14. saya juga pernah mengedit video padahal cuman gambarnya doang ga ada filmnya tetapi mendapat cekalan dari negara kenapa y bang ,,namun setelah saya bertanya keteman saya masalah ini teratasi gan ada triknya tersendiri gan ternyata kalo mau tau silahkan baca sendiri gan diblog saya buat sharing ilmu baru,,dan setelah membaca artikel ini alhamdulilah saya jadi lebih faham terimakasih gan infonya

    BalasHapus
  15. Saya sangat terkesan dengan artikel ini. Good job brother. Goodluck. 7 Bintang untuk artikelnya.

    BalasHapus
  16. jangan bnyak nulis youtube om, materi blog mas evan jd refrensi yg jualan buku.mendng share private aja. saya mau join

    BalasHapus
    Balasan
    1. Positif Thinking aja om.... Rejeki sdh ada yang atur.... admin malah lebih berlimpah pahala dan rejekinya dengan ikhlas memberikan informasi berharga bagi orang banyak. walaupun buat saya pribadi artikelnya standart dan biasa saja namun memang asik cara bertuturnya.

      Ketika blog ini STOP memberikan inforasi bermanfaat, resikonya pengunjung lambat laun berkurang. otomatis penghasil GA admin pun berkurang.... itulah berkat keihklasan dan berbagi hal2 bermanfaat, rejeki sudah ada yang atur!!!

      jangan2 ente type pelit ilmu !!!

      Hapus
  17. mas, mau tanya, kan saya upload video k YT tntang game yg saya mainkan, nah di game itu pkek lagu krena gamenya tipe dance gtu. itu gmana mas mengatasi copyright nya? ini mas video nya. mohon penjelasannya mas.
    https://www.youtube.com/watch?v=Hz10shNuzz0

    BalasHapus
  18. permisi mas.
    kemarin akun saya sudah terdaftr adsense youtube
    sudah lama saya upload video cover menyanyi saya.(tapi dengan lagu orang)
    sempat 3 hari tanda dollar hijau masih bisa / monetize masih aktif
    tapi tadi tiba tiba ada yang meclaim hak cipta orang ketiga . dan monetize saya disable
    pertanyaan saya ? apakah saya masih bisa menghasilkan uang dengan video tersebut

    BalasHapus
  19. Gan..,bagi tips and trick nya dong main channel bola?saya 3 kali buat akun,3 kali di strike,alhasil semua akun bola sayadelete semuanya,dan buat baru lagi (MIRIS)..,

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item