446967678721354
Loading...

Hal Apa Saja Yang Menjadi Pelanggaran Hak Cipta YOUTUBE ?


Salah satu masalah terbesar yang situs video-sharing seperti YouTube adalah  berurusan dengan isu seputar pelanggaran hak cipta.
Jadi hal Apa saja yang menjadi pelanggaran hak cipta di Situs Youtube ?
Mari kita terjemahkan dalam bentuk cerita pendek di bawah ini.




1.  Anda Sangat menggemari Iron Man, ketika menonton filmnya di Bioskop atau DVD anda merekamnya lalu mengupload ke Youtube. Itu adalah konten orang lain dan bukan Konten anda. Maka hal itu digolongkan sebagai pelanggaran Hak Cipta.Menggugah Konten orang lain (Tanpa Izin Jelas) bisa meninmbulkan masalah.
Hak Cipta adalah bentuk perlindungan untuk karya tulis, Sastra, drama, music, film, grafis dan audiovisual. Pelanggaran hak cipta terjadi jika karya hak cipta di produksi ulang, ditampilkan atau ditujukan pada publik tanpa izin dari pemilik hak cipta atau tanpa hak hukum melakukannya.

Meskipun Youtube adalah situs bebas, Anda bisa mendapakan masalah serius jika melanggar hak cipta. Ini membuat anda bisa di tuntut, dan bertanggung jawab memberikan ganti rugi. Anda bisa kehilangan uang dari pendapaan (Monetization) atau lebih buruk lagi Anda bisa kehilangan akun Youtube. Anda mungkin hanya mendapatkan sedikit kesempatan bisa mengembalikan semua menjadi normal.

Jika Youtube menerima pemberitahuan hak cipta yang valid dari pemilik hak cipta, maka video itu akan dihapus.Anda akan diberitahu melalui Email dan dari dalam dasboard channel anda. Anda juga akan mendapatkan teguran. Jika Youtube mengetahui bahwa anda adalah si tukang pelanggar hak cipta maka akan membuat Anda di banned selamanya dari youtube.




2. Balik lagi ke Iron Man. Anda sadar bahwa mempublikasikan Film Iron Man ke youtube adalah melanggar hak cipta, maka Anda memutuskan untuk tidak akan melakukannya lagi. Beberapa hari kemudian Anda mendengar Bahwa Robert Downey Jr  datang ke Indonesia dan akan tampil menggunakan baju Iron Man (semoga aja Robert Downey Jr dateng beneran ya hehe). Waktu yang Anda tunggu pun tiba, karena sangat menggemari Iron man. Mulailah Robert Downey Jr. Berbicara dengan gaya khas Tony Stark dan diiringi oleh musik ACDC (Ost Film Iron Man). Anda merekam semuanya dan setelah sampai dirumah Anda menguploadnya ke Youtube. Eitsssss tunggu dulu, direkaman video itu ada lagu ACDC, itu tetap akan tergolong pelanggaran hak cipta jika tidak memiliki izin.


Nah kenapa anda tidak membuat Video Sendiri ?

3. Setelah menyadari 2 hal di atas Anda akhirnya memutuskan untuk membuat video ala Iron man dengan versi sendiri. Misalnya anda mencoba mejadi Iron man dalam video tersebut dan tetap menggunakan Audio ost Iron Man. Ini adalah tindakan yang cerdas tapi hal ini tetap masuk dalam pelanggaran hak cipta jika tidak memiliki izin. Dalam hal ini  adalah harus memiliki izin untuk menggunakan Audio (ACDC song). Namun hal ini tergantung digunakan dengan wajar atau bukan.
Di Amerika Serikat, undang - undang hak cipta mengijinkan penggunaan wajar dari materi berhak cipta pada situasi tertentu yang terbatas tanpa izin  pemiliknya terlebih dahulu. Menurut undang-undang, penentuan penggunaan yang wajar mempertimbangkan tujuan dan karakter penggunaan, sifat dasar karya hak cipta, jumlah, dan pentingnnya karya yang digunakan untuk karya itu secara keseluruhan.




4. Ok,Mari kita lupakan Iron Man.Anggap saat ini Saya memiliki video sendiri (hasil karya Saya). Misalnya, video kucing,teriak teriak tanpa alasan. Beberapa waku kemudian saya kaget melihat video karya saya di upload oleh orang lain tanpa izin, Maka Saya berhak meminta youtube menghapus video tersebut melalui  link ini >> Copyright Infringement Notification Basics .
Dalam posisi ini anda adalah orang yang mengupload video milik Saya. Anda tidak terima karena saya melaporkan ke Youtube atau mungkin hanya salah dalam identifikasi konten, Youtube menyediakan fitur mengajukan banding/Dispute. Tapi berhati - hatilah dengan hal ini,Jika menyalagunakan proses itu, Anda bisa berurusan dengan hukum.

Ulasan di atas adalah beberapa hal tentang pelanggaran hak cipta.saya harap bisa di pahami dengan baik.
Sebagai tambahan agar anda lebih memahami maka saya sediakan beberapa jawaban dari banyak pertanyaan yang sering diajukan ( Mengenai pelanggaran hak cipta ).

1. Siapa saja boleh menggunakan konten orang lain selama konten tersebut sudah muncul di YouTube. 
 Jawaban : Tidak

2. Jika seseorang menduga Anda telah melanggar hak ciptanya dan Anda yakin tidak demikian, Anda harus melakukan ?
Jawaban : Ajukan pemberitahuan tanggapan/ Dispute

3.  Jika pembuat karya berhak cipta telah meninggal, karya tersebut tidak lagi dilindungi hak cipta.
Jawaban : Salah
4.  Jika saya sengaja mengajukan pemberitahuan yang salah atas dugaan pelanggaran hak cipta atas video YouTube tertentu (hanya bermain-main atau mencari masalah), saya dapat dikenai tanggung jawab atas segala kerusakan yang ditimbulkan ?
Jawaban : ya Tentu Saya

5. Selama saya membeli konten yang dipermasalahkan, tidak mungkin saya melanggar hak cipta dengan mengunggahnya ke YouTube ?
Jawaban : Salah,Membeli salinan sembarang media (seperti lagu, film, atau game video) bukan berarti Anda berhak untuk mengunggahnya ke YouTube.

6. Semua penggunaan konten berhak cipta tanpa izin pemilik dianggap pelanggaran hak cipta. 
Jawaban : Benar


 8.  Tak masalah mengupload seluruh episode kartun tanpa izin pemilik hak cipta asalkan saya hanya berbagi dengan teman, keluarga, dan penggemar ?
Jawaban : Salah
Anda harus memiliki hak yang sesuai untuk mengupload konten ke YouTube, terlepas dari dengan siapa Anda berbagi.  

9. Item berikut TIDAK dilindungi oleh hak cipta:
Jawaban : Orang


10. "Penggunaan wajar" Konten memiliki hak cipta adalah pembelaan hukum yang berlaku di semua negara.
Jawaban : Salah (Saat ini hanya di Amerika Serikat )

11. Perlindungan hak cipta hanya diberikan kepada perusahaan film, televisi, atau rekaman besar yang membayar untuk mendapat keistimewaan tersebut.
 Jawaban : Salah,Siapa pun dapat membuat karya kreatif asli, yang akan dilindungi hak cipta secara otomatis setelah memiliki bentuk tetap (ditulis, direkam).

12.  Jika seseorang menduga Anda melanggar hak ciptanya, Anda akan menerima pemberitahuan dari ?
Jawaban : Email dan dari Dasboard Channel,
Jika salah satu video Anda dihapus karena pemberitahuan pelanggaran hak cipta, Anda akan menerima pemberitahuan di akun saat kembali masuk ke YouTube. Anda juga akan menerima email di alamat yang dikaitkan dengan akun

13. Membuat konten baru yang 100% asli untuk YouTube akan membantu melindungi Anda dari klaim pelanggaran hak cipta ?
Jawaban : Benar!
Jika Anda tidak menyalin karya orang lain, Anda tidak perlu khawatir.

14.  Siapa pun dapat mengajukan klaim hak cipta atas nama orang lain ?
Jawaban : Salah,
Hanya pemilik hak cipta atau perwakilan resmi yang dapat mengajukan klaim hak cipta untuk konten mereka di YouTube.

15.  Jika video dihapus karena pemberitahuan pelanggaran hak cipta, mengajukan pemberitahuan tanggapan adalah satu-satunya cara yang memungkinkan untuk memulihkan video ?
Jawaban : Benar,
Anda dapat menghubungi pemilik konten dan mencapai kesepakatan bahwa mereka akan membatalkan klaim pelanggaran hak cipta. Jika penggugat menghubungi YouTube secara langsung untuk pembatalan, YouTube akan memulihkan konten video secepatnya.

16. Pelanggaran hak cipta adalah pelanggaran yang serius dan melanggar hukum dapat mengakibatkan konsekuensi yang berat ?
Jawaban : Benar

Jika Anda terbukti bertanggung jawab atas pelanggaran hak cipta, Anda dapat menghadapi konsekuensi hukum yang serius, termasuk membayar denda yang signifikan.


17. Selama Anda mengubah konten asli sedemikian rupa, seperti Me remix, maka konten tersebut termasuk penggunaan materi berhak cipta secara wajar dan Anda tidak dapat diklaim atas pelanggaran hak cipta. 
Jawaban : Salah.
Penentuan penggunaan wajar harus mempertimbangkan sejumlah hal, termasuk tujuan dan karakter karya, sifat, jumlah dan substansialitas karya yang disalin, serta pengaruh terhadap nilai karya yang asli.

18. Pelanggaran hak cipta terjadi saat sebuah karya berhak cipta --------tanpa izin pemilik hak cipta ?
Jawaban : Direproduks,Didistribusikan,Ditayangka,Ditampilkan untuk umum

Untuk Lebih Jelas lagi silakan simak Video CopyRight School di bawah ini.


Konsultasi Youtube Gratis bersama Evan Vibration. Klik disini

About the Author - Evan

Pemilik blog evavibration.blogspot.com, Founder & CEO of Indonesia Digital Entertainment (IDE)
Youtube Hak Cipta/Copyright 7409151390909282826

Posting Komentar Komentar

  1. Terima kasih gan infonya sangat bermanfaat, saya juga pernah dapat teguran dari youtube,gara-gara upload rekaman moto gp dari tv.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe,, lebih berhati2 aja dalam memilah konten untuk up ke youtube

      Hapus
    2. mau tanya ni, saya kena masalah ini; baru-baru ini saya mendownload video sejenis penggalian bakat menyanyi. karena saya sangat suka, saya upload di FB. Sama sekali saya tidak tahu tentang hak cipta intelektual. karena mendapat pemberitahuan dari FB lewat email, baru saya ngeh ada undang-undang Hak Cipta, dan saat saya menulis ini saya lagi bingungapa yang mesti saya lakukan untuk klarifikasinya???

      Hapus
  2. jangan asal upload nih, harus di perhatikan dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. misal saya mau menyisipkan video orang ke dalam video saya...apa kena klam hak cipta...mksih

      Hapus
  3. repot juga ya....
    klo caranya mendapatkan izin hak cipta orang gmn ya???
    tafshare.blogspot.com

    BalasHapus
  4. cara mendapatkan izin hak cipta orang gimana masbrooo???

    BalasHapus
  5. kalau sudah terlanjur dapat teguran.. harus gimana mas?? Apakah video dihapus bisa memecahkan masalah?? takut kena dampak adsense.. hiks hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. menghapus video gk akan menyelesaikan masalah.
      sepertinya untuk dampak adsense gk ada. terkecuali, ada kemungkinan disable monetize

      Hapus
    2. saya sdh mengganti audionya dengan fitur yang ada di youtube tapi tetap belum bisa di monetize, kenapa ya mas?

      Hapus
    3. Baca link ini ya https://www.klikmania.net/video-yang-aman-di-youtube/

      Hapus
    4. Mas klo bikin video reaction video orang gimana tih bis melanggar hak cipta kah,

      Hapus
    5. klu kita download full movie dr link laen trus kt apload ke youtube bs gk ya...

      Hapus
  6. kalo hanya mengupload sebagian adegan video berhak cipta apakah tetap melanggar ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayanya udah jelas gan penjelasan artikel diatas hehehehe,,,,

      Hapus
  7. kalu mengupload kompilasi atau cuplikan dari sebuah acara TV atau mengupload ulang trailer film termasuk melanggar hak cipta ngga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://www.klikmania.net/video-yang-aman-di-youtube/
      Kalau trailer menurut saya sah aja di re-upload, karena fungsi dari trailer sendiri sebagai sedikit bocoran film yg akan ditayangkan dan yang membuat trailer juga bagian produksi perfilman yg tentunya sudah memiliki izin dan hak cipta.

      Hapus
  8. Jika pernah kena banned guna youtube..bolehkah create username baru dan link ke google adsense yang lama (yg still ok) ?

    BalasHapus
  9. Pernah dulu create youtube sendiri, tetapi ada org lain claim youtube itu dia yang punya, walhal ianya 100% tulen sendiri yang punya tanpa ambil sedikit pun dari sumber internet...ada sesiapa boleh bantu jawapannya?

    BalasHapus
  10. mas saya sering liat chanel youtube mas evan, banyak rekaman ulang acara TV, tapi iklan bisa masuk tuh?kok ga bermasalah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaha,,,, Wak waw,,,,, Kaya saya dong

      Hapus
    2. Kalau yg saya lihat dari penjelasan youtube, itu bisa karena masuk "fair use" atau "penggunaan wajar" tapi itu juga tergantung.. seperti yg dibilang di atas.

      Hapus
  11. lalu kenapa puluhan ribu konten ilegal masih tayang di Youtube. dan sama sekali tidak dihapus bahkan untuk video yang sudah bertahun tahun di upload

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya karena pihak pertama yg punya video aslinya tidak melakukan gugatan kepada orang yg re-upload.

      Hapus
  12. Mas video lirik lagu, audionya mp3 biasa yg download dishared, terus gambarnya aq bikin sendiri. Gimana tuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang saya pahami dan berdasar dari pengalaman, video yang dipasangi latar mp3 berhak cipta akan secara otomatis tidak akan dimonetasi oleh google. Biasanya akan ada notifikasi pada kita untuk segera enghapus lagu atau musik tersebut. Terkecuali lagu tersebut sudah merupakan milik publik atau si pengarang sudah tidak memperpanjang hak cipta atas karyanya.

      Hapus
    2. kalau lagunya masih ada hak ciptanya apakah ada peringatan?

      Hapus
  13. Klo menurut sy si.. adsense dengan segudang aturannya adalah sebagai antisipasi dr pelanggaran hak cipta yg bisa melibatkan mereka atau sebagai perlindungan saja.. karena yg namanya marketing itu yg penting banyak yang liat klo pun ori tp dikit yg liat kan adsense jg mikir2 klo mau pasang iklan.. buktinya masih bnyak yg melanggar tp lancar2 aja pasang adsense... tp ya ori dan banyak yg liat tetep yg paling ok

    BalasHapus
  14. Terima kasih gan informasinya

    BalasHapus
  15. Bang... pertama terima kasih untuk artikelnya. Kedua, ada pertanyaan, jika kita menguungah kompilasi video youtube yang telah kita potong-potong lalu kita gabungkan menjadi satu video, apakah itu melanggar ketentuan Google? Mohon Dibalas secepatnya. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Melanggar bang soalnya gw baru kena blokir

      Hapus
    2. Melanggar bang soalnya gw baru kena blokir

      Hapus
  16. Bagaimana aturannya kalo mau mengupload video orang lain dari youtube ke blog kita?

    BalasHapus
  17. Menurut pengalaman mas sendiri, apa yang harus dilakukan jika sudah terlanjur kena strike? Apakah kita masih bisa upload video lagi? Apa ada perbedaan ketika sebelum kena strike dan sudah kena strike? Apakah kita masih bisa memonetasi video? Berapa kali strike kita masih dibolehkan upload video? Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Strike 1 dan 2 masih bisa upload dan monetize hanya saja feature@/menu2 menjadi terbatas salah satunya misalnya feature Card jadi disabled !! Strike ke 3 akun di banned

      Hapus
  18. Kalau memakai gambar artis di cover depan apakah kena hak cipta ? Contohnya jika saya memakai gambar xzibit yang biasa dipakai di dalam meme

    BalasHapus
    Balasan

    1. Kalo setau gw muka gk ada hak ciptanya,kan pemiliknya Tuhan YME

      Hapus
  19. trimakasih infonya sangat menarik,,
    bermanfaat sekali,,
    mantap,,

    BalasHapus
  20. bgm jika kita upload video bkinan sndiri tp ada lagu org di dalamnya..trus di akhir video ada tertulis nama pnyanyi beserta judul lagunya..apa masih termsuk ilegal??

    BalasHapus
  21. kalo AMV (Anime Music Video) itu legal atau illega?

    BalasHapus
  22. Bener2 parah adsense. Ini salah itu salah. Ada yg lebih ngeri nih sebenernya di youtube. Kita bisa hancurkan film org dgn tgn sendiri. Koq bisa? Yg lebih parah. Kena pentung lagi kena pentung lagi. Hahahaha. Banyak satpol pp nya nih youtube skrg. Upload video hot sedikit aja. Langsung dipentung . Tapi koq yg hot 2 yang lainnya masih beredar. Lalu kenapa ga dipentung juga ya? Satpol PP nya pilih kasih. Payah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Solusi selamet dari pentungan Joint MCN Network salah satunya freedom,tm

      Hapus
    3. Boleh kita join ke MCN tetapi hasil dr video kita gak jelas uangya sampe kamana, kan capek tuh dah capek2 upload orang lain yg dapat hasilnya.

      Hapus
  23. terimakasih atas infonya gan.
    mau tanya, kalo kita dapat teguran dan kmudian hapus saluran youtube apa ngga masalah ?
    terimakasih

    BalasHapus
  24. MAS VIDEO YOUTUBE SAYA DI COPY ORANG , TANPA MEMBERITAHU SAYA MAS. TETAPI DIA KOK BISA MEMONETISASI VIDEO HAK SAYA,.?
    GIMANA CARA SUPAYA VIDEO SAYA DI LINDUNGI HAK CIPTA.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ada isma di sini, saya penggemar semua video kamu :D

      Hapus
  25. Ternyata repot juga mas. kirain bisa dengan bebas download video lalu upload lagi ke youtube di akun sendiri..:D

    BalasHapus
  26. Kalau di blog bagaiamana ya? misalnya saya punya film yang saya download atau saya beli kasetnya, terus saya bagikan di blog saya apakah itu juga melanggar? bagaimana dengan ebook apakah juga sama?

    BalasHapus
  27. kalau saya ambil gambar pemandangan di youtube.. saya crop terus saya taruh di artikel blog. apa itu melanggar hak cipta juga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap illegal! Coba, jika mbak buat artikel di blog yg original terus saya copy aja ke blog saya,bisa terima gk? :v

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  28. Maaf mau nanya ?
    Kalo membuat video lip sync .di dalam video orang nya kita tapi memakai lagu orang lain apa itu melanggar hak cipta

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya jelas lah melanggar, kecuali tuh lagu gk berhak cipta seseorang/ bersifat commercial

      Hapus
  29. Kalo semisalnya saya membuat reaction tentang trailer film, apakah termasuk melanggar? Saya melihat banyak youtubers luar negeri melakukan ini dan tidak terlarang... terima kasih

    BalasHapus
  30. jadi gimana mas supaya kita kepentung setelah upload video yang musiknya hak cipta orang lain..

    BalasHapus
  31. BAHGAIMANA MEMBUKTIKAN hak cipta.. perlu tindakan

    BalasHapus
  32. Mau nanya mas,, saya ada rencana membuat fil sama" teman teman dan berencana menjual kaset film nya di wilayah kami,, tanpa ada musik folm kami gak akan bisa bagus sedangkan pake musik band indo bingung ijin nya kmana walau tau biaya nya mungkin lebih mahal dari penjualan kaset kami,, kalo kami membuat film tapi musik nya kami ambil di youtube dan di bawah film nya ada tulisan musik bu cortesy youtube seperti di acara hotspot apa melanggar hak cipta,, terima kasih apabila bisa dijawab karna sangat membantu untuk kami,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  33. Selamat sore..
    kalo saya merekam saat saya bermain game lalu diupload ke youtube apakah melanggar hak cipta atas game tersebut..?

    BalasHapus
  34. Saya mau nanya nih, saya mempunyai rencan atau sebuah projek yaitu dengan membuat chsnel youtube berisi video yang menampilkan sebuah lirik lagu, terus apakah video saya termasuk kedalam pelanggaran hak cipta?
    Terima kasih

    BalasHapus
  35. wah terima kasih atas infonya, oh ya saya pernah mengupload sebuah dengan sedikit modifikasi penambahan audio disertai lirik video trus di upload ke akun youtube ketika masuk kepengelola video saya mendapatkan keterangan dibahwa mencangkup konten berhak cipta. apa itu bermasalah atau masih wajar? salam kenal http://whusslihatsaja.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  36. Postingannya gx ngasih jalan keluar , kurang friendly huu..

    BalasHapus
  37. Terimakasih bang atas artikel yang sudah di share , jadi menambah wawasan dalam ber youtube atau mengunggah video , sama saya mau nanya ... kalo saya mau meng upload video tentang game , tapi saya sendiri yang bermain game tersebut itu tidak melanggar aturan meskipun game yang akan saya up telah banyak dimainkan / di up oleh orang lain , sama game mod tidak menjadi masalah kan apabila di up ke youtube apa akan menjadi masalah ?

    BalasHapus
  38. coba di cek kwan apakah video sya berhak cipta isinya cover lagu orang & lagu2 sendiri

    liat contoh di youtube ketik TIAN DINSI di pencarian inget pake spasi
    salam kenal semuanya sya tian dari palembang

    BalasHapus
  39. Solusinya adalah membuat video sendiri dan sound track sendiri jelas aman , tapi gimana ya bingung

    BalasHapus
    Balasan
    1. BISA MAIN GITAR GA USAH BINGUNG,,,GENJRENG AJA NYANYI AJA,,,, APA AJA NYANYI AJA,,,TIDAAK ADA PELANGGARAN KALO GITU,,ASAL DIDEPKRIPSII ATAU DIJUDUL BERI COVER BY ASLINYA,,,SMOGA MEMBANTU

      Hapus
  40. harus lebih hati2 nih hehe... thanks sharingnya mas

    BalasHapus
  41. Mas, mau tanya, kalau kita mendownload video yg kita suka di youtube, trus videonya kita share di facebook, Untuk tujuan yg bagus, apa itu termasuk pelanggaran hak cipta mas?

    BalasHapus
  42. Mas, mau tanya, kalau kita mendownload video yg kita suka di youtube, trus videonya kita share di facebook, Untuk tujuan yg bagus, apa itu termasuk pelanggaran hak cipta mas?

    BalasHapus
  43. kalau saya di larang upload video kenapa ya?

    BalasHapus
  44. Hahaha, meski diingatkan seperti itu, masih banyak orang yang nekat melanggar hak cipta dan kalo ditegur / banned, mereka ngeluh " ini kenapa ? Kok saya dibanned, padahal upload sendiri"

    BalasHapus
  45. Kalau begitu bagaimana caranya biar bisa upload video yang kita rekam dari tv ? kan banyak tuh kita liat channel2 yang mengupload video hasil rekaman dari siaran tv. contoh nya video2 pertandingan sepak bola. itu gemana caranya biar gak kena pelanggaran hak cipta ? mohon pencerahan

    BalasHapus
  46. saya juga pernah, tapi di instagram

    BalasHapus
  47. mas, klo kita mengedit video orang yang disarankan sama youtube itu gimana, apa ttep melanggar?

    BalasHapus
  48. kalo saya merekam lagu software perekam layar desktop saya rekam lagu di situs lagu misalkan lagu raisa lalu saya upload ke youtube tuk video lirik apakah itu ilegal ?!

    BalasHapus
  49. kalau buat video sendiri trus lagunya lagu orang gimana,,,,,,, seumpamanya Avril lavigne ,video kita sendiri musiknya lagu dia gimana mas? boleh gak

    BalasHapus
  50. Pantesan aja saya Upload tetep dicekal.. hehehe
    Terima kasih informasinya gan.

    BalasHapus
  51. tapi seperti yang kita sering lihat di TV nasional, banyak konten youtube yang diedit kemudian tempel 'source'nya, gitu aja sepertinya aman ya...??
    Atau gimana? pencerahan dong.. tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu acara tv ga bisa langsung diupload tapi di edit dulu gan...

      Hapus
  52. Jadi setiap uploud lagu itu melanggar hak cipta?

    BalasHapus
  53. di edit aja dikit lagunya pake editor,,,trus dicoba upload

    BalasHapus
  54. Video yg boleh di publikasikan ulang cuma video yang memiliki lisensi creative common.. boleh di mix ..tapi tetep kena resiko pelanggaran hak cipta.. tapi tidak semua juga kena.. bingung gw jadinya

    BalasHapus
  55. Video yg boleh di publikasikan ulang cuma video yang memiliki lisensi creative common.. boleh di mix ..tapi tetep kena resiko pelanggaran hak cipta.. tapi tidak semua juga kena.. bingung gw jadinya

    BalasHapus
  56. bagaimana jika sya menggunakan video cc punya orang, namun minggu depan orang tersebut merrubah hakcipta videonya menjadi lisensi, apakah saya terkena claim???

    BalasHapus
  57. mau tanya gan misal saya review film terbaik terus nayangin trailer nya melanggar gak? trimakasih

    BalasHapus
  58. aku bikin video ada konten yg ditulis orang lain yg diizinkan berbagi pendapatan apakah itu boleh domonetisasi gak ya ....

    BalasHapus
  59. aku bikin video ada konten yg ditulis orang lain yg diizinkan berbagi pendapatan apakah itu boleh domonetisasi gak ya ....

    BalasHapus
  60. mas kalo ngambil gambar dari google kemudian dibuat slideshow gimana? pake musik bebas royalti?

    BalasHapus
  61. mas kalo saya membuat video tentang trik sulap, tapi sebelumnya pernah dilakukan oleh orang lain melanggar kah?

    BalasHapus
  62. Mas kalo saya pake helm terus ga bawa motor ngelanggar ga ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Melanggar karna itu suatu pencemaran lingkungan

      Hapus
    2. Melanggar karna itu suatu pencemaran lingkungan

      Hapus
  63. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  64. subsribe dong channel saya ntar sub balik ok, http://www.youtube.com/c/awiecbatiex

    BalasHapus
  65. Mau tanya mas kalo artikel dari web trus di pasang di youtube kira2 kena copyright pa g ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak masalah gan ... tuh video saya banyak teks dan gambar dari website orang... yg penting cantumkan nama situsnya di deskripsi sebagai kredit dan yg paling penting musik audionya harus bebas kliam hak cipta, saran saya pake aja musik yg ada di pustaka youtube.... dgn begitu video aman utk di moneteis...

      Hapus
  66. ga bisa original bang saya bingung soalnya upload video game yang emang dari menu loop nya music, sampe main juga music.

    bingung bingung, apa ada pencerahan ? (/ X_X)/

    BalasHapus
  67. mm terus cara izin ke yang punya hak ciptanya gimana nihh ??

    BalasHapus
  68. kalo kita main game COC kita rekam trus kita upload ke youtube itu melanggar apa ngak Om..?

    BalasHapus
  69. kak aku kn baru di YT, ku upload video yg di unduh dari slah satu situs, terus kena klaom konten berhak cipta dan dicekal tdk bsa diputar di YT, trus ku masuk ke akun YT ku video
    nya udah gak ada. apa itu gak papa? apa bisa kena sanksi?

    BalasHapus
  70. Gan kalo saya membuat konten video lirik sendiri dari suatu lagu, apakah melanggar hak cipta juga? Bagaimana cara agar konten tsb diperbolehkan? Terima Kasih

    BalasHapus
  71. mas.. mau tanya kalo bikin video parody kan musti pakek lagu orang lain ya... itu termasuk melanggar hak cipta atau tidak?

    BalasHapus
  72. Kang jika kita kasih lagu yg copyright tapi akun kita gak kita tautkan ke adsense apa tetep kena copyright?

    BalasHapus
  73. misi mas mau tanya, denda di youtube itu berbentuk pemotongan pemasukan/ kita bayar ke pihak youtube, atau mengikuti peraturan hukum?

    BalasHapus
  74. Gan saya mau nanya tentang pin adsense, pin adsense itu diberikan setelah saya mengaktifkan monetisasi pada youtube saya atau tidak mas?
    Lalu pin adsense itu di kirim setelah saya mendaftar digoogle adsense lalu mengisi data,kemudian akan dikirim ke rumah/alamat saya?
    Yang ke3 berapa lama pin adsense dikirim ke rumah saya, dan setelah google mengirim berapa lama pin google adsense aktif kalau saya belum memverivikasikanya?
    Mungkin inilah pertanyaan yang masih suluit bagi saya,saya tunggu balasanya mas
    Thank's Mr.EVAN

    BalasHapus
  75. Kalau kita ngeshare trailer , apa kita juga akan kena copyright ?

    BalasHapus
  76. Artikel yg bermanfaat ..
    Cuman sangat disayangkan banyak komentar yang seharusnya tak diabaikan ..

    BalasHapus
  77. Artikel yg bermanfaat ..
    Cuman sangat disayangkan banyak komentar yang seharusnya tak diabaikan ..

    BalasHapus
  78. Artikel g jelas
    Seperti artikel copian saja
    Banyak yang tanya tp g ada solusi dan jawaban.
    Apakah memang g tau atau memang artikel copy orang lain
    Hmmm


    Mana nih pakar youtubers
    Ane kena baned tp dlm 3 hari di buka lg.
    Tp banyak yg kuning dolarku.apa sulusinya ya

    BalasHapus
  79. Apa bedanya video yang di upload di youtube dan video yang di upload di instagram...? Kenapa video yg yg di upload di instagram tidak kena pelanggaran hak cipta...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. begini mas, sy sebenarnya kurang paham tentang yotube jg. tetapi mgp youtube bisa kena pelanggaran hak cipta? karena dulu sebelum youtube booming di Indonesia (dkenal di semua kalangan indonesia), penyanyi dunia khususnya di amerika dan eropa melayangkan gugatan ke youtube mengenai hak cipta. karena banyak yang iseng me reupload video musik mereka dan keuntunganya banyak jatuh ke para re-uploader itu. makanya youtube begitu keras dengan pelanggaran hak cipta.

      Hapus
  80. g usah gunakan youtube, lagian jika g pakai youtube kita g akan lekas mati atau kejang2 atau kena stroke , dll.
    sy jg pernah kena notif hak cipta. sejak saat itu semua konten sy hapus termasuk video hasil karya sy sendiri. setelah itu sy kirim kritik lumayan pedas ke youtube.
    sy cuma pesan kepada produsen video komersial : klo hasil karyanya g boleh di lihat, di dengar, di baca orang lain ya jangan di publish.
    ada yg pernah lihat Robot mirip manusia? manusia adalah Ciptaan Tuhan #maaf guyon(yg mempunyai hak cipta atas segalanya)
    siapa yg membuat robot mirip manusia(mencontek)? apakah dia pernah dapat teguran hak cipta dari Tuhan?
    Monggo buat renungan masing2 aja.

    pesan sy kepada publik:
    jangan SOK BISA
    jangan SOK JAGO
    jangan SOK MEMPUNYAI
    jangan SOK PALING PUNYA

    SEMUA AKAN ADA KARMANYA
    kebetulan sy jg seorang Musisi merangkap Teknisi dan Programer Desktop. jika ada yg membajak Aplikasi buatan sy ya silahkan klo bisa. sy g akan mempermasalahkan

    BalasHapus
  81. Assalamu'alaikum. Saya mau tanya. Kalo saya upload video lyrics di youtube tapi lagu nya dari download di youtube milik official account nyaa penyanyi itu masih bisa dimonetisasi? Dan bakal ngelanggar hak cipta atau tidak?

    BalasHapus
  82. Kalau upload permainan game boleh tidak?.. Misalnya upload game fifa tapi ngerekam dari hp sendiri.

    BalasHapus
  83. Gua main sendiri rekam sendiri, ehh tau nya musik kena Hak Cipta padahal itu musik udah bawaan dari Game nya.

    BalasHapus
  84. kalau saya upload video membacakan buku (yg di shoot seluruh isi halaman buku) dan saya bacakan sampai akhir cerita, apa itu termasuk pelangaran hak cipta?

    BalasHapus
  85. Gan,thanks atas infonya,saya pernah dapat teguran soal postingan saya di acara HUT kemerdekaan ke-72,tapi saya tidak mengerti video saya itu rekaman langsung,ada suara teriakan dan sorak2 penonton,meskipun background musik yg dipakai oleh peserta tarian tsbt itu memiliki hak cipta,mohon penjelasannya gan?

    BalasHapus
  86. kalau menulis review suatu buku, apakah termasuk pelanggaran hak cipta?? <a href="mymelody13.blogspot.com>mohon pencerahannya gan</a>

    BalasHapus
  87. kalau menulis review suatu buku, apakah termasuk pelanggaran hak cipta?? mohon pencerahannya gan

    BalasHapus
  88. terimakasih infonya. sangat menarik

    BalasHapus
  89. Mas... saya sempat nonton beberapa lagu lama maupun baru, satu album maupun per lagu dari kaset yang diupload tapi tidak dibanned.

    Bagaimana caranya ya ?!

    BalasHapus
  90. KALO MENGUPLOAD VIDEO DARI BLOG LAIN, KEMUDIAN SAYA UPLOAD DI YOUTUBE KEMBALI BAGAIMANA?

    BalasHapus
  91. mau nanya mas... apakah termasuk pelanggaran adsense youtube kalau videonya di share di blog sendiri.
    saya tunggu jawaban secepatnya, terimakasih

    BalasHapus
  92. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  93. Mas klo saya mengupload video tentang film2 terbaik bertema pembunuh berantai , kan kan ada 5 scene dari 5 film dalam satu video, itu melanggar hak cipta juga ???

    BalasHapus
  94. Thank you for giving us the knowledge of what you have described. do not forget to visit our website :

    Agen Judi Poker
    Poker88
    Bandar Ceme Online
    Jayapoker
    Afapoker
    Nonton Movie
    Nonton Film Online
    Agen Togel

    BalasHapus
  95. Mas kalo uploud 1 vidio tapi di 2 akun youtube dan akun youtube itu 1 adsense yang sama apakah itu bermasalah, masukan nya dungs

    BalasHapus
  96. Kalau reaction video tanpa monetize diperbolehkan youtube gak?

    BalasHapus
  97. Bang. Kalo video yg kita ambil dari ytb tp udah kita edit sendiri di seling dgn foto dan potongan video aslinya scara acak kira2 masi kena hak cipta ga bang.

    BalasHapus
  98. Bang! Kalo saya sudah terlanjur mengupload vidio ilegal dan saya mendapat pemberitahuan klaim hak cipta,, tapi vidionya sudah saya hapus dari youtube..
    Apakah akan berdampak negative, dan tindak pidana untuk saya atau gimana bang?
    Atau saya cuman memdapat teguran saja?

    BalasHapus
  99. Kalau kita mengupload video orang, tapi kita menuliskan nama/sumber orang tersebut apakah kena hak cipta?

    BalasHapus
  100. Meng-Upload Video Text Lirik Musik tanpa ada musiknya/mute (hanya Text lirik saja) ke Youtube, apakah termasuk pelanggaran hak cipta mas ?
    Terimakasih dan di tunggu penjelasanya mas

    BalasHapus
  101. lagi belajar jadi youtuber gan.. mohon bimbingan nya buat lolos monetizationnya... bantu view n subscribe yahh..tar di subs back.... thanks https://www.youtube.com/watch?v=jzgcDDO3v_k

    BalasHapus
  102. Kalau menggunakan potongan lagu di bagian intro/outro terkena pelanggaran hak cipta atau tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau menurut sya sih, lebih baik menggunakan lagu yang bebas copyright aja, banyak sih, seperti ada chanel youtube "no copyright sound, di web youtube juga ada. Semoga membantu...

      Hapus
  103. bos ...saya mau tanya.. akhir2 ini banyak sekali kita lihat video2 reaction bertebaran di YT, dan sebagian besar saya lihat ada iklan yg tayang(monetisasi) pda video2 raction ini, nah saya mau tanya: klw video rection yg ada iklannya itu duit adsensenya masuk ke siapa, ke pemilik konten video asli atau ke orang yg membuat video reaction .... !? maaf sebelumnya ini pertanyaan serious... mohon dijawab...

    BalasHapus
  104. kalau upload foto milik orang lain ke youtube, apakah itu akan kena copyright gk pak, mohon penjelsannya, terimakasih seblumnya

    BalasHapus
  105. Tadinya mau menggabungkan video di youtube yang sudah di upload orang lain. Ternyata hal itu bisa jadi masalah to...mulai bikin video original nih. Makasih infonya mas.

    BalasHapus
  106. Intinya kalau mau berkreasi jng pake milik orang,,,,, buat video yg original dan pake back sound yg tdk masuk copyright,,, tetap berkarya dng hal hal positif,,, kalau yg kalain lihat itu masi tayang, tp pke video orang dan pake back sound copyright,, , gk bakalan dapat duit Di dari adsense, di non aktifkan monitisasix,, jadi saya sarankan buat video original,,, dan kalau dapat orang lain comot videomu,, kmu bisa klaim kah cipta,,, thanks

    BalasHapus
  107. Kalau saya buat video terus ngasih title cortesy by youtube, itu melanggar gak gan???

    BalasHapus
  108. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  109. halo gan,
    mau tanya, misal saya memposting video youtube, tapi di thumbnail nya ada di sisipkan foto artis korea gto, apakah itu merupakan pelanggaran hak cipta? mohon instruksinya ya. makasih

    BalasHapus
  110. Bang kalau game yang direkam dilayar hp android seperti game mobile legend dan PupG jika di upload di youtube apakah terkena hak cipta. Mohon penjelasannya, Terimakasih.

    BalasHapus
  111. ka kalo misalkan belum di monetasi trus kena klaim itu kalo di hapus nyelesaikan masalah ga?

    BalasHapus
  112. trima kasih untuk info nya. apakah kita mengupload video foto2 pribadi menggunakan backsound lagu artis itu juga melanggar hak cipta/ dilarang youtube?

    BalasHapus
  113. Itu bnyk film berhak cipta bisa tayang di yutub gmn caranya bisa lolos yutub,ada yg bisa jwb?

    BalasHapus
  114. Terima kasih infonya,
    Jika suatu chanel televisi memiliki chanel youtube,lalu dia menguplat salah satu episode film mereka,apakah itu termasuk melanggar copyright?

    BalasHapus
  115. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  116. Kak, kalo review trailer anime , pelanggaran hak cipta juga?

    BalasHapus
  117. Kalo seperti kasus alip bata seorang Fingerstyle mengcover lagu orang kemudian video tersebut viral sampai 8 jt viewer trus video cover alip di kalim oleh orang lain dan di hapus dr youtube. Penyelesaian nya spt apa bang?

    BalasHapus
  118. Kalau baca puisi apakah harus ada ijin dari prnciptanya kah bang?

    BalasHapus
  119. Ada yang bisa jawaab? Aku main piano..misalnya instrumen entah apa yang merasuki mu tapi kok ada teguran hak cipta..padahal saya sendiri yang main piano...

    BalasHapus
  120. Terima kasih admin untuk informasinya.
    Mau numpang tanya, misalnya membuat video konten youtube dengan menunjukan asiknya memainkan mainan robot-robotan dan adegannya menirukan scene opening seperti di filmnya.. misalnya meniru adgean opening power rangers. Gerakinnya klihatan ada tangan kita yang megang mainan dan menggerakan mainannya tersebut, efek dan background pakai green screen dan dicari yang agak mirip seperti clip aslinya. Lagunya sih pakai yang creative common license. Jadi Recreate clip scenes/adegan film dengan konsep bermain mainanmu seperti di filmnya, lalu jadi konten youtube apakah termasuk infringement atau melanggar hak cipta?

    BalasHapus
  121. Mas Saya, membuat lagu sendiri lalu menguploadnya ke YT beserta video Klipnya original punya saya. Hanya saja sy tidak memiliki perlindungan jika saja sewaktu2 ada pihak lain yang mengklaim lagu saya. Apakah mas punya referensi atau pengelaman mengenai Publisher/Agregator yang syarat-syaratnya tidak ribet dan low budget??

    BalasHapus
  122. Mau tanya nih.. misal saya membuat video pembelajaran, di sana ada beberapa gambar (penunjang pembelajaran) yang saya ambil dari web.. selama ini sy tidak paham cara memposting konten yang baik (tanpa menyalahi aturan hak cipta) jadi dalam video itu hanya sy cantumkan link tempat sy download gambarnya.
    Apakah itu sudah cukup?? Atau masih ada hal lain yang harus sy lakukan? Agar video saya aman dari pelanggaran hak cipta?

    Terima kasih

    BalasHapus
  123. Ribet bgt dah, ga da solusinya lagi cuma kesannya nakut2in youtuber pemula. Jadi kang ojol lagi aja

    BalasHapus
  124. Bang, klo main game trus record nanti upload di youtube bisa kena hak cipta ngak??? Mohon informasinyaa

    BalasHapus
  125. PENGUJI: Ibu Ria Maulidina
    NEGARA: Indonesia
    KOTA: Semarang
    WHATSAPP SAYA NO: +62821-3272-6590
    HIBAH PINJAMAN: Rp 500.000.000
    BANK: BCA REKENING No: 1750825253
    EMAIL: maulidinaria@gmail.com

    PERUSAHAAN PINJAMAN: KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY
    EMAIL: karinarolandloancompany@gmail.com
    WHATSAPP NO: +15857083478
    NAMA FACEBOOK: karina elena roland

    Nama saya MRS RIA MAULIDINA, saya mengalami kekacauan keuangan, saya tidak punya pilihan selain mencari agen pinjaman terkemuka secara online yang menyewakan pinjaman kepada yang membutuhkan tetapi yang saya dapatkan hanyalah sekelompok penipu karena saya percaya pemberi pinjaman kedua yang saya komunikasikan dengan karena keputusasaan saya untuk mendapatkan uang secepatnya dan itu membuat saya mengirimkan kepadanya satu-satunya uang yang saya miliki baik di bumi maupun di surga, mereka terus meminta lebih dan ini membuat saya marah karena saya harus menutup email itu karena saya menyadari hal buruk dan saya tidak repot-repot online untuk mendapatkan bantuan lagi, karena saya tidak mempercayainya lagi. Saya menjadi sangat kurus karena kekurangan makanan yang baik dan 2 anak saya yang berusia 5 dan 8 tahun juga tidak tampan selama periode penguncian COVID19 ini tidak ada perawatan yang tepat sebagai akibat dari keuangan, lask week saya melihat seorang teman lama keluarga suami saya dan saya memberi tahu dia semua yang telah saya lalui dan dia mengatakan satu-satunya cara dia dapat membantu adalah mengarahkan saya ke agen peminjaman yang baik yang juga membantunya dan dia juga menjelaskan bagaimana dia secara finansial turun dan bagaimana dia mendapat dorongan dari pinjaman ini agensi KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY (karinarolandloancompany@gmail.com) yang memberinya pinjaman dengan harga terjangkau sebesar 2% dan dia lebih lanjut meyakinkan saya bahwa mereka sah dan bukan scammer dan dia juga memberi tahu saya apa yang perlu dilakukan {PERUSAHAAN PROSEDUR ADMINISTRATIF} dan dia juga memberi saya alamat email bereputasi ini dan saya menghubungi mereka sesuai instruksi dan dengan rahmat TUHAN YANG MAHA ESA saya juga diberikan dana pinjaman saya sebesar Rp 500.000.000 dalam waktu 2 jam setelah aplikasi saya dijumlahkan tanpa stres atau masalah lems dan inilah mengapa saya datang ke sini untuk memberikan kesaksian saya dan memberi tahu orang-orang bahwa masih ada agen pinjaman online yang nyata dan terkemuka. hubungi mereka melalui (karinarolandloancompany @ gmail. com) atau melalui +15857083478

    BalasHapus
  126. Halo semuanya
    Nama saya Josephine jumawan caballo, saya tinggal di orion bataan, phillipine. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu karina roland yang baik karena telah membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya mengalami pinjaman pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa memberikan pinjaman, saya telah membutuhkan pinjaman selama 2 tahun yang lalu untuk memulai bisnis saya sendiri di kota orion bataan tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di dubai yang menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman. dan saya sangat Frustras karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di dubai, karena saya berhutang pada bank saya dan teman-teman saya dan saya tidak punya apa-apa untuk dijalankan, pada hari yang sangat setia itu teman saya menelepon susan Ramirez setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu karina roland, jadi saya terpaksa menghubungi susan ramirez dan dia memberitahu saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu karina roland bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya dipaksa untuk memberanikan diri dan saya menghubungi ibu karina roland dan saya terkejut dengan pinjaman saya yang diproses dan dilewati dan dalam waktu 6 jam pinjaman saya ditransfer ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus memberikan informasi tentang pekerjaan baik ibu karina roland jadi saya menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi email Nyonya karina roland: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +15857083478 dan saya jamin Anda akan memberikan informasi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Ny. karina Rola nd email saya: (josephinejumawancaballo@gmail.com) semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai karina roland 'ibu untuk merubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  127. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    BalasHapus
  128. Negara: Indonesia
    WhatsApp: +62 838-3669-4853
    Alamat: Surabaya
    email saya: nurbrayani750@gmail.com
    nama saya Nurbrayani, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan ALLAH yang baik dalam hidup saya, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak pemberi pinjaman palsu ada di internet, tetapi mereka sangat asli dalam pemberi pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari pemberi pinjaman 2 kredit yang curang, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman yang andal. Ny. Alicia Radu Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000 dari Ny. Alicia Radu dengan sangat mudah dalam 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan pekerjaan yang baik dari ALLAH melalui Bunda Alicia Radu dalam kehidupan keluarga saya.

    Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurbrayani750@gmail.com)
    Nomor WhatsApp saya: +62 838-3669-4853
    jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu

    BalasHapus
  129. Nama saya Sisi Macora, saya dari Pekanbaru di Indonesia. Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk memperingatkan banyak orang yang sedang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka berbohong dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya mengira semua perusahaan pinjaman online itu palsu sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Nina shelley yang meminjamkan uang tanpa bayar dulu, saya ragu tapi saya pikir tidak semua orang palsu, masih ada yang asli sekali di luar sana jadi saya ambil resiko karena hidup adalah tentang risiko menuju sukses.

    Senang bersaksi bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya ditipu oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan dalam hidup sampai saya bertemu dengan kreditur terpercaya ini yang bernama perusahaan pinjaman Nina Shelley. Perusahaan pinjaman Nina Shelley meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 800 juta rupiah (Rp. 800.000.000) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan gembira menerima pinjaman dari REBACCA ALMA LOAN COMAPNY. Saya berjanji akan menyebarkan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres dari penipu. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi Mrs REBACCA ALMA LOAN by
    email: (rebaccaalmaloancompany@gmail.com)
    Nomor Telepon: 14052595662
    Nomor WhatsApp: 14052595662.

    Percayalah Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.
    Jika Anda masih ragu, Anda juga dapat menghubungi saya:
    email: (Sisimacora@gmail.com)
    Kota: Pekanbaru
    Negara: Indonesia
    Pinjaman yang Diberikan: Rp 800.000.000
    Jika Anda membutuhkan bantuan atau informasi lebih lanjut. Semoga Allah Memberkati Anda .. Semoga Sukses .....

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarekatuh

    BalasHapus
  130. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus
  131. BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY
    Email: belindachristopherloancompany@gmail.com
    whatsapp: +1 (347) 797-0786

    Saya ANIK SUSIAWATI dengan nama, dari indonesia. Saya ingin menggunakan ini
    media untuk mengucapkan terima kasih khusus kepada perusahaan luar biasa ini yang memungkinkan saya untuk meningkatkan bisnis saya. Saya terjebak dalam krisis keuangan dan saya perlu membiayai kembali bisnis saya, saya mencoba mencari pinjaman dari berbagai firma pinjaman baik swasta maupun perusahaan tetapi tidak pernah berhasil karena saya telah ditipu beberapa kali dan sebagian besar bank menolak kredit saya, sampai saya bertemu dengan perusahaan ini nama BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY yang membantu saya dengan pinjaman sejumlah (Rp300.000.000) tanpa stres. Saya benar-benar ingin berterima kasih kepada MRS BELINDA CHRISTOPHER yang telah memungkinkan dan membantu saya melalui dan memastikan saya mendapatkan pinjaman saya. Jadi saya ingin menggunakan cara ini untuk menasihati semua orang di luar sana yang mencari pinjaman bahwa jika Anda harus menghubungi perusahaan mana pun dengan referensi untuk mendapatkan pinjaman dengan suku bunga rendah dan jadwal pembayaran yang lebih baik untuk menghubungi MRS BELINDA CHRISTOPHER di (belindachristopherloancompany @ gmail. Com) atau whatsapp +1 (347) 797-0786 untuk pinjaman cepat, aman dan mudah hari ini ... Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut (aniksusiawati0@gmail.com)

    Nama: Anik susiawati
    Bank: Bank Central Asia (BCA)
    Jumlah Pinjaman: Rp300.000.000
    Tanggal: 17 Agustus 2020
    Surel. aniksusiawati0@gmail.com

    BalasHapus
  132. HARI YANG BAIK UNTUK ANDA SEMUA
    Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan untuk mendapatkan pinjaman atau Anda membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis, membayar hutang, atau untuk mengembangkan bisnis Anda
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman yang mendesak untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda atau karena berbagai alasan, atau Anda kesulitan mendapatkan pinjaman dari bank karena tingkat pengembalian pinjaman yang lebih tinggi.
    Kami menyediakan semua jenis pinjaman, kami dapat diandalkan, efisien, cepat dan dinamis, dengan jaminan pinjaman 100% juga memberikan (euro, pound, dolar, peso dan Rp dll.) dan juga memberikan pinjaman dalam semua jenis mata uang suku bunga kami berlaku untuk semua pinjaman adalah (2%) jika Anda tertarik kembali kepada kami melalui (belindachristopherloancompany@gmail.com) untuk Layanan yang disediakan meliputi:
    Pinjaman darurat.
    Perbaikan rumah.
    Penemu Pinjaman.
    Pinjaman Konsolidasi Hutang.
    Pinjaman Bisnis.
    Pinjaman pribadi.
    pinjaman gaji.
    pinjaman medis.
    pinjaman liburan.
    pinjaman properti.
    Pinjaman Islam. pelamar yang tertarik harus menghubungi kami hari ini melalui
    belindachristopherloancompany@gmail.com atau Whats-app +1 (347) 797-0786 untuk kebebasan finansial Anda.

    BalasHapus
  133. selamat hari untuk semua orang di indonesia dan juga untuk semua orang di asia, nama saya mrs. fatimah fahariah, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya di sini di internet untuk semua warga negara indonesia saya melalui ibu yang baik, Ny. KARINA

    Setelah periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak sepanjang waktu, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya ganti Rp. 17.000.000 dengan pemberi pinjaman yang berbeda.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya yang kemudian mengatakan kepada saya untuk menghubungi MRS KARINA, yang adalah pemilik. PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND, jadi teman saya meminta saya untuk meminta permintaan dari Ibu KARINA, jadi saya percaya perjanjian dan hubungi Ny. KARINA

    Saya meminta pinjaman sebesar Rp.800.000.000 dengan bunga 2%, jadi saya mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dan semuanya dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan Jaminan dan jaminan untuk transfer. pinjaman. Saya hanya setuju untuk mendapatkan sertifikat persetujuan lisensi aplikasi mereka. untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu jam telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu menyetujui sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp. 800.000.000. Saya sangat senang karena ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memberi saya permintaan hati saya.

    Semoga ALLAH memberkati MRS KARINA karena membuat hidup saya mudah, membuat saya bertanya kepada siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk dapat menghubungi MRS KARINA melalui email: karinarolandloancompany@gmail.com untuk pinjaman Anda atau whatsapp +1 (585) 708-3478

    Akhirnya, saya ingin mendukung Anda untuk semua yang telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar ALLAH akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda juga.

    BalasHapus
  134. semua berkat mrs KARINA ROLAND
    Nama saya annisa logan, saya dari indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu seluruh WNI yang sedang mencari pinjaman di internet agar berhati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya benar-benar membutuhkan pinjaman, untuk memperbaiki salon rias rambut saya, tetapi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, yang hampir membebani hidup saya, sampai seorang teman merujuk saya ke salah satu pemberi pinjaman bernama MOTHER KARINA, pemilik KARINA ROLAND LOAN COMPANY, yang saya hubungi dan dia memberi tahu saya bahwa jika saya bisa memenuhi syarat dan ketentuan mereka, pinjaman saya akan diberikan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam yang saya lakukan, setelah itu saya mengajukan pinjaman 450 juta rupiah setelah detail saya diverifikasi dalam waktu kurang dari 24 jam, rekening bank saya dikreditkan. sekarang saya sangat senang atas pekerjaan baik ibu. karina dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk membagikan kesaksian saya tentang MOTHER KARINA, agar orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apa pun, silakan hubungi MOTHER KARINA melalui email: karinarolandloancompany@gmail.com, atau hanya whatsapp +1 (585) -708-3478 Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: annisalogan@gmail.com untuk pekerjaan baiknya dalam hidup saya dan keluarga saya.

    BalasHapus
  135. Mau tanya dong kak, kalau bikin video review film atau drama, seperti kita ceritain sinopsisnya kemudian kita tambah dengan tampilin gambar pemain kemudian ada videonya dikit sekitar 5 detik, itu apakah bisa kena copyright jika kita upload ke youtube??
    Mohon bantuan penjelasannya kak!!! Salam kenal

    BalasHapus
  136. Nama saya: Etin supriatin
    Negara: Indonesia
    Pinjaman yang disetujui: Rp450.000.000 bank: bri bank
    email: (supriatinetin123@gmail.com)

    Halo semuanya, nama saya ETIN SUPRIATIN
    Saya ingin membagikan kesaksian yang luar biasa ini
    bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya dari BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY ketika kami diusir dari rumah ketika saya tidak dapat membayar tagihan saya lagi karena covid19 patah hati,
    Setelah ditipu oleh berbagai perusahaan secara online dan pinjamannya ditolak oleh bank saya dan beberapa credit union lain i
    dikunjungi. Sampai suatu hari saya berjalan dengan malu-malu
    seorang teman sekolah lama yang memperkenalkan saya pada BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY
    Awalnya saya mengatakan kepadanya bahwa saya tidak siap mengambil risiko apa pun lagi
    untuk mengajukan pinjaman online lagi, tetapi dia meyakinkan saya bahwa saya tidak perlu khawatir bahwa saya akan menerima pinjaman dari mereka. Seketika berpikir,
    karena tunawisma saya, saya mengikuti uji coba dan mengajukan pinjaman, untungnya itu disetujui untuk saya dan saya menerima pinjaman Rp450.000,00 dari
    {belindachristopherloancompany@gmail.com}. Saya senang saya mengambil risiko dan mengajukan pinjaman. Saya dan keluarga saya sekarang bahagia sekarang saya memiliki rumah dan bisnis sendiri. Semua rasa syukur saya sampaikan kepada BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY yang telah memberi makna pada hidup saya ketika saya mengira semua harapan telah hilang. Anda dapat menghubungi mereka melalui email (belindachristopherloancompany@gmail.com) atau whatsap +1 (347) 797-0786 jika Anda membutuhkan pinjaman cepat dan nyata, Anda masih dapat menghubungi saya melalui (supriatinetin123@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut.

    BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY
    whatsapp: +1 (347) 797-0786
    alamat email: belindachristopherloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  137. Halo semuanya
    Nama saya Josephine jumawan caballo, saya tinggal di orion bataan, phillipine. Saya ingin mengucapkan terima kasih yang baik kepada ibu karina roland karena telah membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya mengalami pinjaman pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa memberikan pinjaman, saya telah membutuhkan pinjaman selama 2 tahun yang lalu untuk memulai bisnis saya sendiri di kota orion bataan tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di dubai yang menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman. dan saya sangat Frustras karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di dubai, karena saya berhutang bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya apa-apa untuk dijalankan, pada hari yang sangat setia itu teman saya menelepon susan Ramirez setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu karina roland, jadi saya terpaksa menghubungi susan ramirez dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu karina roland bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya terpaksa memberanikan diri dan saya menghubungi ibu karina roland dan saya terkejut dengan pinjaman saya yang diproses dan diluluskan dan dalam waktu 6 jam pinjaman saya ditransfer ke rekening saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus memberikan informasi tentang pekerjaan baik ibu karina roland jadi saya menyarankan setiap orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi e-mail Nyonya karina roland: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +15857083478 dan saya jamin Anda akan memberikan informasi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Ny. karina Rola nd email saya: (josephinejumawancaballo@gmail.com) semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai karina roland 'ibu untuk merubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  138. Halo semuanya
    Nama saya Josephine jumawan caballo, saya tinggal di orion bataan, phillipine. Saya ingin mengucapkan terima kasih yang baik kepada ibu karina roland karena telah membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya mengalami pinjaman pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa memberikan pinjaman, saya telah membutuhkan pinjaman selama 2 tahun yang lalu untuk memulai bisnis saya sendiri di kota orion bataan tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di dubai yang menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman. dan saya sangat Frustras karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di dubai, karena saya berhutang bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya apa-apa untuk dijalankan, pada hari yang sangat setia itu teman saya menelepon susan Ramirez setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu karina roland, jadi saya terpaksa menghubungi susan ramirez dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu karina roland bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya terpaksa memberanikan diri dan saya menghubungi ibu karina roland dan saya terkejut dengan pinjaman saya yang diproses dan diluluskan dan dalam waktu 6 jam pinjaman saya ditransfer ke rekening saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus memberikan informasi tentang pekerjaan baik ibu karina roland jadi saya menyarankan setiap orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi e-mail Nyonya karina roland: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +15857083478 dan saya jamin Anda akan memberikan informasi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Ny. karina Rola nd email saya: (josephinejumawancaballo@gmail.com) semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai karina roland 'ibu untuk merubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  139. Semua terima kasih kepada Ibu KARINA ROLAND karena telah membantu saya dengan pinjaman saya setelah ditipu oleh orang-orang palsu yang mengaku sebagai pemberi pinjaman.
    Nama saya Annika amahle mokoena, saya dari Afrika Selatan dan saya tinggal di kota Johannesburg. Sebulan yang lalu saya sedang mencari pinjaman online dan saya melihat pemberi pinjaman yang berbeda di internet dan saya melamar dari mereka dan yang saya dapatkan hanyalah scammer, saya mendaftar lebih dari 2 perusahaan dan saya ditipu sepanjang waktu. Jadi saya putus asa sampai saya memutuskan untuk memeriksa lagi apakah saya akan menemukan bantuan ketika saya sedang mencari dan saya menetap untuk mencari perusahaan pinjaman yang sah. Saya menemukan perusahaan ini bernama KARINA ROLAND LOAN COMPANY Saya melihat banyak kesaksian yang dikomentari orang dia tetapi karena saya ditipu beberapa kali, saya pikir itu scam tetapi saya melakukan apa yang diminta untuk saya lakukan dan saya menunggu pinjaman saya dan Nyonya KARINA ROLAND memberi tahu saya dalam waktu kurang dari 24 jam Anda akan mendapatkan pinjaman saya dengan aman saya tidak percaya Karena saya pikir itu juga scam sehingga hari itu malam hari di Afrika Selatan dan saya tidur keesokan paginya ketika saya bangun saya menerima peringatan dari rekening bank saya dan segera saya menelepon manajer bank saya untuk mengonfirmasi dan manajer bank mengatakan kepada saya untuk segera datang ke bank dan saya segera pergi ketika saya tiba di sana manajer bank memeriksa akun saya dan melihat sejumlah $ 127,000.00 USD yaitu Dolar Amerika Serikat dan saya menjelaskan kepada manajer saya bahwa saya mengajukan pinjaman secara online dan bank saya Manajer kaget jika ada masih perusahaan pinjaman online yang nyata dan sah saya sangat senang semua terima kasih kepada MRS KARINA ROLAND saya memutuskan untuk menulis di internet karena saya melihat orang lain melakukannya dan bersaksi tentang perusahaan ini itulah sebabnya saya memposting pesan ini secara online kepada siapa pun yang membutuhkan pinjaman bahkan jika Anda telah ditipu sebelum melamar dari perusahaan ini dan yakinlah bahwa perusahaan ini tidak akan mengecewakan Anda. Salam Hormat kepada siapa saja yang membaca pesan saya dan Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui surat (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +1 (585) 708-3478, Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membaca kesaksian ini, Anda dapat menghubungi saya juga untuk informasi lebih lanjut ..... annikaamahlemokoena@gmail.com

    BalasHapus
  140. PENGUJI: Ibu Ria Maulidina
    NEGARA: Indonesia
    KOTA: Semarang
    WHATSAPP SAYA NO: +62821-3272-6590
    HIBAH PINJAMAN: Rp 500.000.000
    BANK: BCA REKENING No: 1750825253
    EMAIL: maulidinaria@gmail.com

    PERUSAHAAN PINJAMAN: KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY
    EMAIL: karinarolandloancompany@gmail.com
    WHATSAPP NO: +15857083478
    NAMA FACEBOOK: karina elena roland

    Nama saya MRS RIA MAULIDINA, saya mengalami kekacauan finansial, saya tidak punya pilihan selain mencari agen pinjaman terkemuka secara online yang menyewakan pinjaman kepada yang membutuhkan tetapi yang saya dapatkan hanyalah sekelompok penipu karena saya percaya pemberi pinjaman kedua yang saya komunikasikan dengan karena keputusasaan saya untuk mendapatkan uang secepatnya dan itu membuat saya mengirimkan kepadanya satu-satunya uang yang saya miliki baik di bumi maupun di surga, mereka terus meminta lebih dan ini membuat saya marah karena saya harus menutup email itu karena saya menyadari hal buruk dan saya tidak repot-repot online untuk mendapatkan bantuan lagi, karena saya tidak mempercayainya lagi. Saya menjadi sangat kurus karena kekurangan makanan yang baik dan 2 anak saya yang berusia 5 dan 8 juga tidak tampan selama periode penguncian COVID19 ini tidak ada perawatan yang tepat sebagai akibat dari keuangan, minggu berjemur saya melihat seorang teman keluarga lama dari suami saya dan saya memberi tahu dia semua yang telah saya lalui dan dia mengatakan satu-satunya cara dia dapat membantu adalah mengarahkan saya ke agen peminjaman yang baik yang juga membantunya dan dia juga menjelaskan bagaimana dia secara finansial turun dan bagaimana dia mendapat dorongan dari pinjaman ini agensi KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY (karinarolandloancompany@gmail.com) yang memberinya pinjaman dengan tarif yang terjangkau sebesar 2% dan dia lebih lanjut meyakinkan saya bahwa mereka sah dan bukan scammer dan dia juga memberi tahu saya apa yang perlu dilakukan {PERUSAHAAN PROSEDUR ADMINISTRATIF} dan dia juga memberi saya alamat email bereputasi ini dan saya menghubungi mereka sesuai instruksi dan dengan rahmat TUHAN YANG MAHA ESA saya juga diberikan dana pinjaman saya sebesar Rp 500.000.000 dalam waktu 2 jam setelah aplikasi saya dijumlahkan tanpa stres atau masalah lems dan inilah mengapa saya datang ke sini untuk memberikan kesaksian saya dan memberi tahu orang-orang bahwa masih ada agen pinjaman online yang nyata dan terkemuka. hubungi mereka melalui (karinarolandloancompany @ gmail. com) atau melalui +15857083478

    BalasHapus
  141. Halo semuanya
    Nama saya Josephine jumawan caballo, saya tinggal di orion bataan, phillipine. Saya ingin mengucapkan terima kasih yang baik kepada ibu karina roland karena telah membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya mengalami pinjaman pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa memberikan pinjaman, saya telah membutuhkan pinjaman selama 2 tahun yang lalu untuk memulai bisnis saya sendiri di kota orion bataan tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di dubai yang menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman. dan saya sangat Frustras karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di dubai, karena saya berhutang bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya apa-apa untuk dijalankan, pada hari yang sangat setia itu teman saya menelepon susan Ramirez setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu karina roland, jadi saya terpaksa menghubungi susan ramirez dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu karina roland bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya terpaksa memberanikan diri dan saya menghubungi ibu karina roland dan saya terkejut dengan pinjaman saya yang diproses dan diluluskan dan dalam waktu 6 jam pinjaman saya ditransfer ke rekening saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus memberikan informasi tentang pekerjaan baik ibu karina roland jadi saya menyarankan setiap orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi e-mail Nyonya karina roland: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +15857083478 dan saya jamin Anda akan memberikan informasi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Ny. karina Rola nd email saya: (josephinejumawancaballo@gmail.com) semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai karina roland 'ibu untuk merubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  142. NAMA SAYA: MRS MARIA ARTIKA
    NEGARA: INDONESIA
    KOTA: BATU MALANG JATIMMY
    WHATSAPP: +62877-4316-8500
    HIBAH PINJAMAN: Rp350.000.000,00
    EMAIL SAYA: mariaartika27@gmail.com

    Saya ingin memulai dengan berterima kasih kepada Tuhan atas anugerah kehidupan.
    Nama saya MRS MARIA ARTIKA dan saya ingin berbagi cerita yang bagus tentang KARINA ROLAND LOAN COMPANY. Favorit, perusahaan yang mampu secara finansial membuat hidup saya berbalik.
    Saya mengalami kesulitan keuangan selama beberapa waktu dan saya harus meminjam dari teman-teman saya karena saya berharap dapat melunasinya setelah menerima pembayaran saya.
    Dan ketika menghadapi hidup saya berubah menjadi yang terburuk, saya dipecat dari pekerjaan dan saya kehilangan ibu saya beberapa bulan kemudian. Setelah ibu saya dimakamkan, teman-teman saya mulai meminta uang mereka kembali.
    Tetapi kompilasi saya mengira hidup saya sudah berakhir, saya sebenarnya berusaha untuk melarikan diri, sekarang TUHAN menggunakan teman dan tetangga saya Bu Rini anggraeni yang membantu saya untuk menghubungi IBU KARINA yang mengatakan bahwa teman dari Indonesaia menghubungkannya dengan IBU KARINA, jadi saya menceritakan kisah saya kepada ibu, dia meminta dokumen yang saya tunjukkan dan sebelum saya menyadarinya permintaan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000,00, sebelumnya saya telah meminta tiga perusahaan pinjaman online yang lebih baik untuk tidak membutuhkan bantuan positif, tetapi IBU KARINA ROLAND melalui pinjamannya perusahaan, KARINA ROLAND LOAN COMPANY telah mengubah hidup saya dan saya telah memutuskan sebelumnya bahwa saya akan terus membagikan cerita ini sehingga warga negara saya dapat memanfaatkannya, berharap dapat meminjamkan pinjaman kepada orang yang terkena banjir. Proses persetujuan kredit saya telah selesai dan saya telah menerima surat persetujuan dari perusahaan yang menyetujui mengatakan ya harus memberikan bank saya. Saya menerima permintaan dari bank saya yang menyatakan bahwa rekening bank saya telah dikreditkan dengan jumlah pinjaman sebesar Rp350.000.000,00 yang saya minta. KARINA ROLAND LOAN COMPANY adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang nyata dan tulus di seluruh dunia, jadi jangan ragu untuk menghubungi MOTHER KARINA di saluran ini. Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui atau email whatsapp: karinarolandloancompany@gmail.com, whatsapp +1585 708-3478, begitulah hidup saya berubah dan saya akan terus membagikan kabar baik agar semua orang dapat melihat dan menghubungi perusahaan baik yang mengubah hidup saya .
    Anda juga dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan bantuan saya atau Anda ingin bertanya kepada saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya. Ini email saya: mariaartika27@gmail.com

    PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA
    HANYA WHATSAPP: +1585 708-3478
    NAMA FACEBOOK: KARINA ELENA ROLAND
    EMAIL: KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM

    BalasHapus
  143. BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY
    Email: belindachristopherloancompany@gmail.com
    whatsapp: +1 (347) 797-0786

    Saya ANIK SUSIAWATI dengan nama, dari indonesia. Saya ingin menggunakan ini
    media untuk mengucapkan terima kasih khusus kepada perusahaan yang luar biasa ini yang memungkinkan saya untuk meningkatkan bisnis saya. Saya terjebak dalam krisis keuangan dan saya perlu membiayai kembali bisnis saya, saya mencoba mencari pinjaman dari berbagai firma pinjaman baik swasta maupun perusahaan tetapi tidak pernah berhasil karena saya telah ditipu beberapa kali dan sebagian besar bank menolak kredit saya, sampai saya bertemu dengan perusahaan ini nama BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY yang membantu saya dengan pinjaman sejumlah (Rp300.000.000) tanpa stres saya benar-benar ingin berterima kasih kepada MRS BELINDA CHRISTOPHER yang telah memungkinkan dan membantu saya melalui dan memastikan saya mendapatkan pinjaman saya. Jadi saya ingin menggunakan cara ini untuk menasihati semua orang di luar sana yang mencari pinjaman bahwa jika Anda harus menghubungi perusahaan mana pun dengan referensi untuk mendapatkan pinjaman dengan suku bunga rendah dan jadwal pembayaran yang lebih baik untuk menghubungi MRS BELINDA CHRISTOPHER di (belindachristopherloancompany @ gmail. Com) atau whatsapp +1 (347) 797-0786 untuk pinjaman cepat, aman dan mudah hari ini ... Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut (aniksusiawati0@gmail.com)

    Nama: Anik susiawati
    Bank: Bank Central Asia (BCA)
    Jumlah Pinjaman: Rp300.000.000
    Tanggal: 17 Agustus 2020
    Surel. aniksusiawati0@gmail.com

    BalasHapus
  144. HALO
    Saya ADAWIYAH YAHYA dari malaysia saya tinggal di kota temerloh pahang. Saya tidak pernah tahu sangat mungkin mendapatkan pinjaman dari pinjaman online atau pemberi pinjaman. Saya sekarat dalam hutang dengan banyak tagihan yang harus dibayar untuk ketiga anak saya dan nilai kredit saya juga sangat rendah. Jadi, saya baru saja online untuk mengetahui lebih banyak tentang cara mendekati bank atau mengambil pinjaman hari pembayaran dengan skor kredit rendah. Kemudian saya menemukan banyak tulisan dan artikel di berbagai situs tentang bagaimana KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY membantu orang, perusahaan dan organisasi dengan tingkat bunga pinjaman @ 2%. Dengan ilmu yang saya dapatkan secara online, saya menghubungi PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com), saya jelaskan sendiri. Saya mengajukan pinjaman sebesar $ 60.000 tetapi dia menyetujui $ 50.000 dan itu adalah $ 50.000 yang saya terima di rekening bank saya. Proses transaksinya sangat mudah dan cepat. dan juga mengkonfirmasi Identitas saya dan untuk memastikan keamanan dana. Saya merekomendasikan perusahaan ini kepada semua orang. Jangan mati dalam hutang sebelum Anda mencari bantuan. Tulis surat ke KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY sekarang Email (karinarolandloancompany@gmail.com atau whatsapp +1 (585) 708-3478, untuk informasi lebih lanjut Anda juga dapat menghubungi saya melalui email adawiyahyahya63@gmail.com

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item