446967678721354
Loading...

2 Kali Strike Youtube Tapi Monetisasi Tetap Aktif?

Dear mas Evan
Nama saya Bardiansyah, langsung ke topik masalah ya mas. Saya bikin video sendiri mas, walaupun belum banyak. Saya shoot sendiri videonya. Saya bikin video itu berharap untuk monetisasinya, namun untuk sekarang tujuan saya agar dikenal oleh penonton Youtube. Jadi dalam proses pembuatan video saya memakai lagu-lagu yang berhak cipta. Awalnya pas upload langsung kena klaim pihak ketiga, tapi setelah 3 minggu kemudian, saya dapat email bahwa melanggar hak cipta, bahkan ada 2 video yang terkena pelanggaran. Waktu itu saya pernah baca di blog mas Evan kalau pelanggaran hak cipta itu bisa memubuat fitur youtube dimatikan, salah satunya monetisasi. Anehnya, status channel masih hijau, termasuk monetisasi. Yang mati adalah Unlisted and private videos. Kira-kira kenapa mas? padahal itu kan sudah 2 kali pelanggaran. Terima kasih
- Bardiansyah

Salam kenal mas. Saya akan coba jelaskan lebih lengkap biar bisa dimengerti.
Memang benar saat kita menerima pelanggaran hak cipta di youtube (bukan Matched third party conten), akan berefek ke fitur saluran. Pada umumnya akan berdampak pada monetisation, thumbnail custom dan longer videos. Saat pemilik hak cipta men-strike (dalam Content Id di kenal dengan aksi TAKEDOWN), maka dia hanya melalukan strike saja, tapi tidak memiliki ijin untuk menutup fitur dari channel yang di strike-nya. Yang menentukan status fitur Channel adalah sistem YouTube sendiri. Singkat kata ini adalah random.

Saya pernah beberapa kali melalukan eksperimen untuk strike. Dalam percobaan saya membuat 2 channel. Lalu kedua channel tersebut saya isi dengan video yang hak ciptanya saya kelolah di Content ID. Setelah ter-upload lalu saya coba strike kedua channel tersebut. Hasilnya,
channel A ter-disable: Monetisation, Longer Video
channel B ter-disable: Content ID appeals, External annotations.
Semoga bermanfaat.

Konsultasi Youtube Gratis bersama Evan Vibration. Klik disini

About the Author - Evan

Pemilik blog evavibration.blogspot.com, Analytics Product/Technical, Development Content Manager/Strategic Manager.
Konsutasi Youtube-Monetization 6988646699005846045

Poskan Komentar Komentar

  1. saya baru saja kena 1 strike tetapi sekarang semua video tidak dapat di monetize / monetize suspend. gimana perbaikannya ?

    BalasHapus
  2. Saya tiba-tiba terkena Strike karena dilaporkan tidak pantas. Videonya ada di akhir tulisan artikel ini.
    Musik yang dipakai full free ata yang benar-benar bebas hak cipta.
    Apakah video tutorial yang saya buat dianggap menyesatkan? Padahal videi tutorial lengkap, hanya saya percepat speed-nya.

    Bingung nih? Mohon mencerahannya

    BalasHapus
  3. Youtube belakangan ini memang agak aneh. Sy membuat video trik sulap dan video ini asli buatan sy sendiri, dan chanel baru terisi 3 video. Setelah satu minggu sy mencoba merubah judul di salah satu video trsbt tiba2 dapat peringatan 1 dengan tuduhan video sy memuat konten tidak pantas alias melanggar pedoman komunitas. Stelah itu sy melakukan banding, dan beberapa menit kemidian apa yg terjadi? Semua video sy terhapus semua disertai peringatan 2 dan 3. Ahirnya chanel sy hapus saja. Yg sy tidak habis pikir, video asli buatan sy sndiri dan tanpa musik

    BalasHapus
  4. Youtube belakangan ini memang agak aneh. Sy membuat video trik sulap dan video ini asli buatan sy sendiri, dan chanel baru terisi 3 video. Setelah satu minggu sy mencoba merubah judul di salah satu video trsbt tiba2 dapat peringatan 1 dengan tuduhan video sy memuat konten tidak pantas alias melanggar pedoman komunitas. Stelah itu sy melakukan banding, dan beberapa menit kemidian apa yg terjadi? Semua video sy terhapus semua disertai peringatan 2 dan 3. Ahirnya chanel sy hapus saja. Yg sy tidak habis pikir, video asli buatan sy sndiri dan tanpa musik

    BalasHapus
  5. saya kena strike 1 dan ga bisa monetized lagi.. lalu apakah setelah masa berlaku strike nya selesai saya bisa monetized lagi? atau hangus gitu ajah?

    BalasHapus
  6. Salam kenal Gan, saya kebetulan ketemu dengan blog ini, saya mau baca baca dulu ya, makasi

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item