446967678721354
Loading...

Mengoptimalkan Video Terkait/Related Video di Youtube

Hampir semua youtubers bekerja keras untuk mengoptimalkan SEO(Search Engine Optimization) di setiap video yang di upload-nya. Biasanya optimasi ini di lakukan pada tags/keywords dan juga di deskripsi. Memang pada dasarnya optimasi SEO dalam sebuah konten sangatlah penting.

Namun menurut saya, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan:

Video yang disarankan/Related Video
Ketika Anda menonton sebuah video di youtube, disebelah kanan video terdapat puluhan video yang memanjang kebawah. Inilah yang dinamakan related video. Bagian ini turut memegang peran penting dalam kesuksesan sebuah video di +YouTube . Saya beberapa kali mencoba mengecek traffic(lalu-lintas) penonton video di channel yang saya kelolah, dan hasilnya terkadang suggest video menjadi trafict kedua paling tinggi setelah search. Bahkan, terkadang menjadi  yang teratas. 
Traffic Source  Youtube (Img: +Evan Vibration Chanel)


Video yang direkomendasikan/Recommended Videos  
Pada dasarnya rekomendasi video mengacu pada apa yang sering kita tonton di youtube. Biasanya mengacu pada kategori atau video yang memiliki keyword, jenis konten dan judul yang hamper sama. Misalnya jika anda sering menonton video The Flash, 
Rekomendasi video (img: youtube.com)

maka biasanya rekomendasi video untuk Anda adalah video lainnya dari The Flash atau mungkin konten terkait seperti Quicksilver.
Jadi apa yang harus dilakukan dengan kedua poin diatas?

Optimasi Thumbnail Video Anda
Beberapa hal yang menjadi ketertarikan orang lain untuk mengklik video Recommended dan Suggest adalah Thumbnail. Untuk membuktikan ini saya 3 hari lalu melakukan survey kebeberapa teman yang bememang saya kenal sangat banyak menghabiskan waktunya dengan youtube. Boleh dibilang ini bukan sejenis survey, namun hanya obrolan biasa Saja. 

Saya mulai pertanyaan dengan “kalo lu lagi nonton video di youtube, kan biasanya di sebelah kanan ada tuh beberapa video yang memanjang, nah lu kadang suka klik gk?”. Semuanya menjawab “ya bro, biasanya kalo gue lagi nonton scene di film, nah kalau disebelah kanan atau biasa pas abis videonya ada scene di film yang gue nonton, pasti gw klik tertutama kalo gambar kecilnya (thumbnail) keliatan menarik”. 

thumnail list video (img: youtube)

Mungkin beberapa teman saya hanyalah sebagian kecil dari jutaan penonton diluar sana yang memilih melanjutkan untuk menonton video dengan memilih video yang disarankan. Maka dengan itu, saya sangat merekomendasikan penggunaan thumbnail yang benar dan menarik penonton lainnya. Namun hal yang menjadi perhatian Anda adalah, jangan memasang thumbnail atau judul video yang tidak berhubungan dengan konten Anda. 

Contoh Anda mengupload video Sapi yang sedang di perah, tapi Anda member nama dan menggunakan judul Megawati, jokowi, Presiden RI. Ini mungkin memang terkesan biasa saja, namun sangat berefek pada kelangsungan hidup channel Anda.
community guidelines (img: youtube)

Jika penonton tidak menyukainya, maka mereka tidak akan segan-segan melakukan flag repport bahwa thumbnail atau judul video Anda tidak benar. 

Hal lain yang  saya ingin tambahkan, walaupun Penggunaan keyword pada video atau judul yang sama memang berpengaruh pada video yang disarankan, tapi ini hanya berlaku beberapa hari sampai algoritma YouTube mengambil alih video itu. Artinya memakai keyword yang tepat memang berguna, namun ini tidak efektif selamanya di bagian Suggest video dan recommended.



Konsultasi Youtube Gratis bersama Evan Vibration. Klik disini

Topik Artikel: ,

About the Author - Evan

Pemilik blog evavibration.blogspot.com, Analytics Product/Technical, Development Content Manager/Strategic Manager.
Youtube Tips & Trik 3691676568060679824

Poskan Komentar Komentar

Beranda item