446967678721354
Loading...

Cara Benar men-dispute/Menyengketakan konten di Youtube

Pernakah Anda mengalami konten video yang Anda Upload di youtube di klaim oleh orang atau pihak lain? Jika belum maka bersyukurlah, dan jika pernah, maka ini akan jadi sebuah hal yang menjengkelkan dan terkadang sangat menyakitkan. Tahan sebentar dan tarik nafas, berpikir positif. Jangan sampai muncul benak ingin memanah orang yang meng-claim konten Anda.


Youtube pada dasarnya telah menyediakan sebuah fitur untuk men-dispute  jika Anda benar-benar yakin jika konten itu memang benar milik Anda. Mungkin saya tidak perlu menjelaskan lagi langkah men-dispute seperti apa. Hal  yang ingin saya bagikan dalam tulisan ini adalah bagaimana seharusnya men-dispute konten/video dengan benar.
  • Pastikan sebelum men-dispute, Anda harus yakin 100% bahwa konten itu milik Anda
  • Di dalam form dispute ada beberapa option mengenai status konten yang Anda ingin dispute. Misalnya jika video itu 100% milik Anda atau Anda memiliki lisensi tertulis untuk menggunakan konten itu. Pokoknya yang harus ingat, pilih sesuai status  Anda terhadap konten itu
  • Isi form note yang di sediakan. Isi dengan nama lengkap Anda, Alamat dan jangan lupa cantumkan nomor HP Anda.
  • Di bagian signature saya sarankan jangan isi dengan nama, tapi isilah dengan email Anda yang aktif.

Mungkin ditulisan ini saya akan menekankan bahwa pengisian identitas yang valid memungkinkan yang meng-claim konten Anda akan berpikir bahwa Anda benar-benar men-dispute konten tersebut dengan niat jelas. Dengan cara seperti ini juga, maka pihak/orang yang meng-claim konten Anda akan sangat mudah untuk menghubungi atau menyelesaikan sengketa konten tersebut.

Harus diingat adalah, siapun itu atau perusahaan sebesar apapun yang meng-claim konten Anda di youtube, maka Anda harus berani menyengketakannya. Tidak perlu khawatir atau takut akan terjadi sesuatu hal yang tidak di ingginkan akibat dari men-dispute konten. Selama itu konten Anda, kenapa harus takut.  Semoga tulisan ini bermanfaat. (Evan)

Konsultasi Youtube Gratis bersama Evan Vibration. Klik disini

Topik Artikel: ,

About the Author - Evan

Pemilik blog evavibration.blogspot.com, Founder & CEO of Indonesia Digital Entertainment (IDE)
Youtube Tips & Trik 5264756122597351315

Posting Komentar Komentar

  1. Salam, saya bolak-balik cari cara agar video saya yg di upload orang lain bisa kita tarik ke daftar video kita.. soalnya kalo kita klaim maka video tersebut akan dihapus oleh youtube. dan sayang sekali kalo dihapus karena visitor nya sudah banyak.

    Terima Kasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah ada cara untuk "menarik" video yg diupload pihak lain?

      Hapus
  2. Kalo saya rekam acara seminar , terus orang lain juga rekam,
    Lalu saya upload ke youtube, setelah itu dia klaim oleh orang lain yg juga ikut rekam
    , bisa kah saya mengajukan s sengketa

    BalasHapus
  3. Tolong bantu gan,saya sudah membuat video original dan sudah memakai audio no copyright,tp audionya kena klaim padahal sudah jelas2 saya pakai audio library yang no copyright,saya sudah cona hub adrev contact us jg,msalah.a viewers.a sudah byk,bantu saya gan

    BalasHapus
  4. tolong bantu boss
    biar video saya tidak di hapus

    https://www.youtube.com/watch?v=h1zuImydhZI

    terima kasih

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. nice info banget kak menambah pengetahuan sekali

    EMI

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item